• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kinerja Unit Pelayanan Administrasi Kependudukan Tingkat Kecamatan Di Kabupaten Jember (Tahun 2015-2016

    Thumbnail
    View/Open
    Arisandi Bismo B.I. Sdh.pdf (4.664Mb)
    Date
    2019-04-09
    Author
    B.I., Arisandi Bismo
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Permasalahan yang dihadapi birokrasi saat ini semakin kompleks. Bukan hanya mengenai kualitas dan kompetensi, tetapi tuntutan masyarakat akan pelayanan juga semakin meningkat sesuai dengan berkembangnya paradigma administrasi. Masyarakat setiap waktu selalu menuntut pelayanan publik yang berkualitas dari birokrat, meskipun tuntutan sering tidak sesuai dengan harapan karena empiris pelayan publik yang terjadi selama ini masih bercirikan berbelit-belit, lamban, mahal, dan melelahkan. Kecenderungan seperti itu terjadi karena masyarakat masih diposisikan sebagai pihak yang “melayani” bukan yang dilayani. Berbicara masalah pelayanan, kabupaten Jember merupakan salah satu daerah dengan kualitas pelayanan buruk. Setidaknya itu yang dikatakan oleh komisi Ombudsman Indonesia dan KPK (Gempur.com, 11 April 2013). Termasuk dalam hal pelayanan dasar, yaitu administrasi kependudukan. Di kabupaten Jember, pelayanan administrasi kependududkan dibedakan menjadi 2, yaitu kartu tanda penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) yang merupakan domain dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Namun sejak keluarnya Peraturan Bupati Nomor 21 tahun 2013, dimungkinkan pengalihan sebagian wewenang pengurusan administrasi kependudukan melalui perangkat daerah yaitu tingkat kecamatan. Kemudian Dinas kependudukan dan catatan Sipil hanya menerima pengurusan administrasi kependudukan dari perangkat kecamatan. Dalam hal ini, peneliti tertarik untuk melihat kinerja unit administrasi kependududkan tingkat kecamatan di Kabupaten Jember dengan mengambil sampel kecamatan kota. Dengan memperhatikan kriteria tertentu tentunya yang diharapkan mampu mewakili wilayah kabupaten Jember nantinya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/90163
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5682]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository