• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Proses Layanan Pembuatan Paspor pada Kantor Imigrasi Kelas II Kabupaten Jember Melalui Program Pelayanan Paspor Terpadu

    Thumbnail
    View/Open
    Hukmi Ahadiyah-130910201008_1.pdf (2.319Mb)
    Date
    2019-04-01
    Author
    AHADIYAH, Hukmi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hakekat pemerintahan adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat karena pemerintahan ada dan dibentuk untuk menjadi pelayan publik. Pelayanan publik di Indonesia belum memaksimalkan pelayanan sesuai dengan Undang-undang Nomor 25 tahun 2009, tentang pelayanan publik. Pelayanan publik yang tidak kalah pentingnya untuk diperbaiki adalah pelayanan pembuatan paspor Kantor Imigrasi. Menurut salah satu lembaga survey yaitu Ombudsman, pelaporan malpraktek pelayanan publik yang masih cukup tinggi salah satunya disandang oleh Kantor Imigrasi. Di Kabupaten Jember pada tahun 2012, masyarakat banyak mengeluhkan tingkat praktik calo pembuatan paspor yang tinggi dan rumitnya proses pembuatan paspor yang cenderung lama dan berbelit. Adanya fenomena tersebut, mendorong Kantor Imigrasi Kelas II Kabupaten Jember melaksanakan program yang bernama Pelayanan Paspor Terpadu (OSS) pada tahun 2014 hingga sekarang. Konsep dasar dalam penelitian ini dibangun atas beberapa teori-teori mengenai kegiatan publik yang terkait pada peningkatan kualitas pelayanan publik oleh Kantor Imigrasi Kelas II Kabupaten Jember yaitu sebagai berikut: (1) Administrasi Publik, (2) New Public Service, (3) Pelayanan Publik. Jenis penelitian ini adalah tipe penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif dengan fokus penelitian menggambarkan Proses Layanan Pembuatan Paspor pada Kantor Imigrasi Kelas II Kabupaten Jember melalui Program Pelayanan Paspor Terpadu dari segi inovasi proses layanan, dan faktor penghambat maupun pendukung proses pelayanannya. Lokasi penelitian adalah Kantor Imigrasi Kelas II Kabupaten Jember. Waktu penelitian dilakukan pada 29 Oktober – 29 Desember 2017. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi dengan data sekunder melalui dokumentasi dan studi kepustakaan. Analisis data menggunakan analisis Miles dan Hubermen. Derajat Kepercayaan (validitas) menggunakan triangulasi sumber.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/89957
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5676]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository