• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE INQUIRI PADA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VIII F SEMESTER GANJIL SMPN 1 JENGGAWAH TAHUN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi1_Retno Handayani_001.pdf (840.7Kb)
    Date
    2013-09-05
    Author
    RETNO HANDAYANI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pentingnya peranan matematika dalam kehidupan manusia terutama dalam usaha pengembangan IPTEK menuntut semakin diperlukannya peningkatan pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep-konsep matematika. Metode inquiri merupakan suatu metode pembelajaran yang menerapkan lima langkah dasar yaitu merumuskan masalah, mengajukan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis berdasarkan data yang diperoleh dan membuat kesimpulan. Melalui metode inquiri, siswa memiliki pengalaman karena siswa melakukan suatu percobaan yang memungkinkan mereka untuk menemukan konsep/prinsip-prinsip bagi diri mereka sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan metode inquiri pada pokok bahasan Teorema Pythagoras, untuk mengetahui aktivitas siswa selama berlangsungnya kegiatan pembelajaran dengan metode inquiri, dan untuk mengetahui persentase ketuntasan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertempat di SMPN 1 Jenggawah. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIF semester ganjil tahun ajaran 2011/2012. Data diambil mulai tanggal 28 November – 10 Desember 2011 dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara, metode tes dan metode dokumentasi. Beberapa kendala yang ditemui pada waktu penelitian yaitu pada saat siswa mengajukan hipotesis, hal ini dikarenakan siswa masih agak bingung dalam menuliskan dugaan sementara, serta siswa juga terburu-buru dalam pengerjaannya karena tanpa membaca petunjuk, jumlah siswa dalam kelas cukup besar sehingga membutuhkan waktu yang banyak untuk membimbing peserta didik dalam metode inquiri, sementara waktu yang diberikan oleh pihak sekolah pada guru ± 2x40 menit. Selain itu, selama kegiatan berlangsung siswa dalam berdiskusi sambil bercanda, ada beberapa siswa yang mengalami kesulitan namun malu untuk bertanya. Berdasarkan kendala-kendala yang ada misalnya kelas yang cukup besar maka siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, sedangkan untuk mengatasi keterbatasann waktu, guru membuat LKS agar memudahkan siswa dalam menemukan dan memahami konsep materi yang diberikan. Selain itu, guru benar-benar mengatur waktu yang digunakan untuk berdiskusi dan mengerjakan latihan soal. Analisis data yang digunakan adalah aktivitas siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian didapatkan pada pertemuan 1 dan 2 siklus I persentase klasikal aktivitas siswa mencapai 88,57%. Ketuntasan hasil belajar yang dicapai pada siklus I adalah 54,29%. Pada pertemuan 3 dan 4 siklus II persentase klasikal aktivitas siswa meningkat mencapai 100%. Sedangkan ketuntasan hasil belajar yang dicapai pada siklus II meningkat mencapai 94,29%. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar pada siswa kelas VIIIF SMPN 1 Jenggawah dengan menggunakan penerapan metode inquiri.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/899
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository