• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PEMBANGUNAN TRANSPORTASI KERETA API JEMBER-PANARUKAN TAHUN 1893-1947

    No Thumbnail [100%x80]
    View/Open
    Jakfar Sidiq - 050210302271 (2)_1.pdf (282.3Kb)
    Date
    2013-12-15
    Author
    Jakfar Sidiq
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Transportasi kereta api merupakan sarana transportasi yang diciptakan dan digunakan oleh manusia sebagai alat perpindahan dari satu tempat ketempat yang lain. Lahirnya kereta api sebagai sarana transportasi memiliki kaitan erat dengan upaya manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup dan mengatasi kesulitan yang dihadapinya. Kereta api lahir dan digunakan sebagai angkutan umum pada awal abad ke 18, di Eropa. Indonesia, kereta api digunakan sebagai transportasi umum, baik orang maupun barang sejak tanggal 10 Agustus 1867. Sedangkan, karesidenan Besuki khususnya jalur Jember-Panarukan mulai digunakan sebagai alat transportasi umum baik orang maupun barang tepatnya pada tanggal 1 Oktober 1897. pada tahun 1900 an transportasi keta api di karesidenan Besuki sudah terealisasi dengan baik. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah latar belakang dibangunnya jalur transportasi kereta api Jember-Panarukan pada tahun 1893?; (2) Bagaimanakah pembangunan sarana transportasi kereta api Jember-Panarukan dan kehidupan perekonomian tahun 1893-1947?; (3) Apa pengaruh pembangunan jalur transportasi kereta api Jember-Panarukan terhadap kehidupan ekonomi dan mobilitas masyarakat yang dilewatinya. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengkaji lebih dalam mengenai latar belakang dibangunya jalur transportasi kereta api JemberPanarukan; (2) Untuk mengidentifikasi mengenai pembangunan dan pengelolaan jalur transportasi kereta api Jember-Panarukan; (3) Untuk mengkaji lebih dalam mengenai pengaruh transportasi kereta api Jember-Panarukan terhadap kehidupan ekonomi dan mobilitas masyarakat yang dilewatinya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelititan ini adalah metode sejarah yaitu heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Penulis juga menggunakan pendekatan sosiologi ekonomi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer maupun sekunder yang diperoleh dari perpustakaan Universitas Jember, Museum Ambarawa, PT Kereta Api DAOP IV Semarang serta PT Kereta Api DAOP IX Jember. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa dibukanya jalur kereta api dari Jember ke Panarukan pada tahun 1897, tujuan utamanya untuk memperlancar pengiriman produk-produk perkebunan dari centra arealnya yakni Jember dan Bondowoso ke daerah pelabuhan Panarukan. Dengan transportasi kereta api hanya memerlukan waktu 4-5 jam dengan kapasitas gerbong mencapai 72-75 pak. Biaya yang dihemat pun cukup besar, hanya f 29/gerbong (memuat 72-75 pak) sehingga setiap pak hanya memerlukan biaya f 0,40. Dalam perkembangannya, kereta api juga dimanfaatkan oleh petani untuk mengangkut hasil produksi pertanian yang berupa jagung dan beras. Pecahnya Perang Dunia II yang berakibat dikuasainya Hindia Belanda oleh militer Jepang pada tahun 1942, telah menjadikan transportasi kereta api berfungsi sebagai sarana perang. Dilihat dari sudut kelengkapan peralatan dan kualitas pengoperasian transportasi kereta api, masa pendudukan militer Jepang merupakan masa kemunduran. Begitu juga pada masa perang kemerdekaan tahun 1947, kereta api digunakan untuk mengangkut militer Belanda. Pada tanggal 23 Nopember 1947, kereta api dijadikan sarana bagi pihak Belanda untuk menyiksa tawanan yang terlibat dalam perang gerilya di Bondowoso, peristiwa tersebut dikenal dengan “Gerbong Maut”. Dibukanya kereta api juga berdampak pada kondisi sosial ekonomi masyarakat yang dilewatinya, utamanya bagi pedagang dan jasa angkutan. Selain itu, dampak lain yaitu transportasi kereta api Jember-Panarukan memberikan kontribusi yang sangat besar bagi perkembangan masyarakat.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8967
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15309]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    NoThumbnail