• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Conference Proceeding
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Conference Proceeding
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Efektifitas Model Collaborative Creativity untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa

    Thumbnail
    View/Open
    F. KIP_Prosiding_Sri Astutik_EFEKTIFITAS MODEL COLLABORATIVE CREATIVITY.pdf (1.057Mb)
    Date
    2019-01-29
    Author
    Puspitasari, Fina
    Astutik, Sri
    Sudarti, Sudarti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Model pembelajaran Collaborative Creativity merupakan suatu model pembelajaran yang menekankan pada kreativitas dan kemampuan menyampaikan pendapat siswa. Siswa memiliki banyak kesempatan untuk mengeksplorasi idenya berkaitan dengan permasalahan-permasalahan fisika. Pembelajaran menggunakan model Collaborative Creativity ini menggunakan metode pembelajaran student center learning, sehingga dalam pembelajaran siswa lebih aktif dan guru hanya sebagai pemberi rangsangan saja. Guru memberikan pernasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan fisika sedangkan siswa menentukan hipotesis, lalu bereksperimen untuk menguji hipotesis, kemudian menjawab analisa data agar dapat memberikan kesimpulan. Seluruh kegiatan dilakukan siswa melalui diskusi dengan temannya. Siswa melakukan diskusi dengan 2 tahap, yang pertama dengan kelompok kecil kemudian di diskusikan dengan kelompok besar untuk mecapai kesepakatan. Melalui kegiatan diskusi berkali-kali dan bereksperimen langsung siswa dapat lebih mudah memaknai dan memahami konsep, sehingga memudahkan siswa dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan fisika. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa setelah mengikuti pembelajaran Collaborative Creativity. Penelitian ini dilakukan di SMKN 2 Jember. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperiman. Desain penelitian yang digunakan adalah pre test post test control group design. Hasil penelitian menunjukan ratarata peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa sebesar 0,67.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/89499
    Collections
    • LSP-Conference Proceeding [1877]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository