Efektifitas Model Collaborative Creativity untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa
Date
2019-01-29Author
Puspitasari, Fina
Astutik, Sri
Sudarti, Sudarti
Metadata
Show full item recordAbstract
Model pembelajaran Collaborative Creativity merupakan suatu model pembelajaran yang menekankan
pada kreativitas dan kemampuan menyampaikan pendapat siswa. Siswa memiliki banyak kesempatan
untuk mengeksplorasi idenya berkaitan dengan permasalahan-permasalahan fisika. Pembelajaran
menggunakan model Collaborative Creativity ini menggunakan metode pembelajaran student center
learning, sehingga dalam pembelajaran siswa lebih aktif dan guru hanya sebagai pemberi rangsangan saja.
Guru memberikan pernasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan fisika sedangkan siswa menentukan
hipotesis, lalu bereksperimen untuk menguji hipotesis, kemudian menjawab analisa data agar dapat
memberikan kesimpulan. Seluruh kegiatan dilakukan siswa melalui diskusi dengan temannya. Siswa
melakukan diskusi dengan 2 tahap, yang pertama dengan kelompok kecil kemudian di diskusikan dengan
kelompok besar untuk mecapai kesepakatan. Melalui kegiatan diskusi berkali-kali dan bereksperimen
langsung siswa dapat lebih mudah memaknai dan memahami konsep, sehingga memudahkan siswa dalam
menyelesaikan permasalahan-permasalahan fisika. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji peningkatan
keterampilan pemecahan masalah siswa setelah mengikuti pembelajaran Collaborative Creativity.
Penelitian ini dilakukan di SMKN 2 Jember. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperiman. Desain
penelitian yang digunakan adalah pre test post test control group design. Hasil penelitian menunjukan ratarata
peningkatan
keterampilan
pemecahan
masalah
siswa
sebesar
0,67.
Collections
- LSP-Conference Proceeding [1874]