Peningkatan Perkembangan Sosial dan Emosional Melalui Kegiatan Outbound pada Anak Kelompok B di TK Asy-Syafa'ah Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 (The Increase of Social and Emotional Development Through A Outbound Activity on B Children Group in Asy-Syafa'ah Jember Kindergarten 2015/2016 Academic Year)
Date
2019-01-28Author
Istiqomah, Nurul
Lathif, Misno A.
Khutobah, Khutobah
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini dilaksanakan karena kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru kurang bervariasi, sehingga berdampak pada
rendahnya perkembangan sosial  dan emosional anak. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan perkembangan sosial  dan
emosional anakmelalui kegiatan outbound . Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitiannya  anak kelompok B TK Asy-Syafa'ah Jember dengan jumlah 31 anak, terdiri 
atas  16 anak laki-laki  dan 15 anak perempuan.  Metode pengumpulan datanya  wawancara,  observasi,  dan dokumentasi.
Analisis datanya berupa analisis deskriptif kualitatif dan  kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan
sosial dan emosional anak kelompok B melalui kegiatan outbound  (Permainan halang rintang, estafet tongkat dan moving
water) mengalami peningkatan dengan kualifikasi sangat baik. Nilai rata-rata kelas pada pra siklus 51, siklus I 67 dan pada 
siklus II meningkat menjadi 81.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7429]
