• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Strategi Kesantunan Tindak Tutur Guru Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran di SMK Negeri 5 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Afifah Putri Ridziana_1.pdf (2.111Mb)
    Date
    2019-01-07
    Author
    RIDZIANA, Afifah Putri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pada umumnya siswa sangat mengidamkan guru yang memiliki sifat yang ideal sebagai sumber keteladanan, bersikap ramah dan penuh kasih sayang, penyabar, mampu mengajar dengan suasana yang menyenangkan, menguasai materi pelajaran, dan lain sebagainya. Untuk menjadi guru yang ideal, maka mau tidak mau guru harus memiliki strategi dalam menyampaikan ide atau materi pelajaran dengan jelas, lengkap, dan tertata. Dengan hal tersebut diharapkan siswa dapat menerima materi pelajaran dengan baik, serta dapat memberikan respon terhadap apa yang disampaikan oleh guru. Dalam hal ini strategi kesantunan berbahasa memegang peranan penting. Penelitian ini dikaji menggunakan perspektif kesantunan Brown dan Levinson (1987). Rumusan masalah penelitian ini yaitu, (1) penggunaan strategi kesantunan positif, (2) penggunaan strategi kesantunan negatif, dan (3) strategi kesantunan berdasarkan modus penutur pada tindak tutur guru dalam pembelajaran di SMK Negeri 5 Jember. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa segmen tutur beserta konteks guru Bahasa Indonesia dalam peristiwa tutur pembelajaran di SMK Negeri 5 Jember yang mengindikasikan strategi kesantunan positif dan strategi kesantunan negatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi. Proses analisis data dalam penelitian ini terdiri atas, (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/89345
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository