dc.description.abstract | Rendahnya nilai hasil belajar IPA di sekolah disebabkan oleh beberapa faktor
antara lain; metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih bersifat
konvensional, penggunaan alat peraga/media jarang sekali digunakan, dan praktik
pembelajarannya kurang memanfaatkan situasi nyata di lingkungan siswa. Sehingga
pemahaman terhadap konsep IPA sulit dicerna dan juga berakibat pada kemampuan
siswa dalam memecahkan masalah IPA yang merupakan salah satu kegiatan utama
dalam pembelajaran IPA. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan
pemecahan masalah IPA, guru harus berperan aktif untuk menciptakan beberapa
pendekatan dan metode. Pendekatan tersebut dapat mendekatkan IPA kepada siswa
dan dapat memberikan kesempatan lebih banyak kepada siswa untuk berpartisipasi
aktif dalam kegiatan pembelajaran serta siswa dapat menemukan dan membangun
pengetahuan dari realitas yang ada di sekitarnya secara mandiri.
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada
pembelajaran saling ketergantungan antar makhluk hidup melalui metode role
playing pada siswa kelas IV SDN Mlandingan Kulon 03 Kabupaten Situbondo. Jenis
penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan Penelitian Tindakan
Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan
dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap tes
awal, tes akhir siklus I, dan tes akhir sklus II, analisis aktifitas siswa selama proses
pembelajaran IPA, dan dalam bermain peran.
Hasil analisis pada aktivitas siswa selama pembelajaran IPA siklus I bertanya
dan mengeluarkan pendapat tentang materi 58,75%, bermain peran 64,05%, dan
ix
menyampaikan hasil diskusi 64,65% sampai pembelajaran siklus II mengalami
peningkatan, bermain peran 84,5%, dan menyampaikan hasil diskusi 66,85%, namun
untuk bertanya dan mengeluarkan pendapat tentang materi mengalami penurunan
51,4%. Kemudian hasil analisis ketuntasan belajar siswa yang diperoleh dari
persentase ketuntasan belajar pada siklus I secara klasikal 76,4% dan siklus II secara
klasikal sebesar 82,35%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Peningkatan aktivitas dan hasil
belajar melalui pembelajaran kontruktivisme tipe Role Playing mata pelajaran IPA
siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Mlandingan Kulon 03 Kabupaten Situbondo
berjalan dengan baik dan membuat siswa lebih aktif, antusias, dan tertarik mengikuti
pembelajaran (2) pembelajaran IPA dengan menggunakan pembelajaran
kontruktivisme tipe Role Playing dapat meningkatkan aktifitas siswa (3) ketuntasan
belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II sehingga
pembelajaran dianggap sudah tuntas. | en_US |