Show simple item record

dc.contributor.advisorPRIHANDONO, Trapsilo
dc.contributor.advisorASTUTIK, Sri
dc.contributor.authorINDAHSARI, Prasasti Nur
dc.date.accessioned2018-11-13T05:16:25Z
dc.date.available2018-11-13T05:16:25Z
dc.date.issued2018-11-13
dc.identifier.nimNIM140210102091
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87973
dc.description.abstractFisika menjadi fondasi berkembangnya ilmu pengentahuan dan teknologi. Hal tersebut sesuai dengan tujuan dari pembelajaran fisika diantaranya mengembangkan pemahaman, pengetahuan, dan kemampuan analisis siswa. Materi fluida statis merupakan salah satu materi dalam pembelajaran fisika yang dapat membuat siswa meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Dalam kegiatan belajar kemampuan pemecahan masalah berkaitan dengan soal dimana dalam penyelesaiannya perlu langkah yang sistematis. Kemampuan pemecahan masalah siswa dapat diketahui melalui evaluasi dengan menggunakan alat ukur yaitu taksonomi. Taxonomy of Introductory Physics Problems (TIPP) merupakan taksonomi baru yang diciptakan oleh Toerodescu et al. (2013) yang mengacu pada NTEO yang telah dikembangkan oleh Marzano dan Kendall. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kemampuan pemecahan masalah siswa SMA materi fluida statis berdasarkan Taxonomy of Introductory Physics Problems. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018 di tiga SMA Negeri yang tidak berada di kota di Kabupaten Jember dengan masing-masing sekolah diambil satu kelas. Responden penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA yang telah menerima materi fluida statis. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berbentuk uraian yang terdiri dari 11 soal dan pedoman wawancara. Soal yang digunakan diambil dari bank soal yang terstandar yang disesuaikan dengan level Taxonomy of Introductory Physics Probelms. Data yang diperoleh hasil tes siswa dan hasil wawancara. Data hasil tes yang diperoleh dianalisis berdasarkan rubrik penskoran. Data hasil wawancara dianalisis dengan mereduksi, memaparkan, dan ditarik kesimpulan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries140210102091;
dc.subjectFluida Statisen_US
dc.subjectIdentifikasi Kemampuanen_US
dc.subjectPemecahan Masalahen_US
dc.subjectIntroductory Physics Problemsen_US
dc.subjectTaxonomyen_US
dc.titleIdentifikasi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA Materi Fluida Statis Berdasarkan Taxonomy of Introductory Physics Problemsen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record