• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Identifikasi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA Materi Fluida Statis Berdasarkan Taxonomy of Introductory Physics Problems

    Thumbnail
    View/Open
    Prasasti Nur Indahsari - 140210102091_1.pdf (2.471Mb)
    Date
    2018-11-13
    Author
    INDAHSARI, Prasasti Nur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fisika menjadi fondasi berkembangnya ilmu pengentahuan dan teknologi. Hal tersebut sesuai dengan tujuan dari pembelajaran fisika diantaranya mengembangkan pemahaman, pengetahuan, dan kemampuan analisis siswa. Materi fluida statis merupakan salah satu materi dalam pembelajaran fisika yang dapat membuat siswa meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Dalam kegiatan belajar kemampuan pemecahan masalah berkaitan dengan soal dimana dalam penyelesaiannya perlu langkah yang sistematis. Kemampuan pemecahan masalah siswa dapat diketahui melalui evaluasi dengan menggunakan alat ukur yaitu taksonomi. Taxonomy of Introductory Physics Problems (TIPP) merupakan taksonomi baru yang diciptakan oleh Toerodescu et al. (2013) yang mengacu pada NTEO yang telah dikembangkan oleh Marzano dan Kendall. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kemampuan pemecahan masalah siswa SMA materi fluida statis berdasarkan Taxonomy of Introductory Physics Problems. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018 di tiga SMA Negeri yang tidak berada di kota di Kabupaten Jember dengan masing-masing sekolah diambil satu kelas. Responden penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA yang telah menerima materi fluida statis. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berbentuk uraian yang terdiri dari 11 soal dan pedoman wawancara. Soal yang digunakan diambil dari bank soal yang terstandar yang disesuaikan dengan level Taxonomy of Introductory Physics Probelms. Data yang diperoleh hasil tes siswa dan hasil wawancara. Data hasil tes yang diperoleh dianalisis berdasarkan rubrik penskoran. Data hasil wawancara dianalisis dengan mereduksi, memaparkan, dan ditarik kesimpulan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87973
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15324]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository