Show simple item record

dc.contributor.advisorSULTHON, M
dc.contributor.advisorZAHROUL, Chumi
dc.contributor.authorBULAN, Nabila Cahya
dc.date.accessioned2018-11-13T01:04:15Z
dc.date.available2018-11-13T01:04:15Z
dc.date.issued2018-11-13
dc.identifier.nimNIM140210204111
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87926
dc.description.abstractpembelajaran Kurikulum 2013. Di jenjang Sekolah Dasar (SD) penanaman karakter diberikan sebanyak 70%, sedangkan pengetahuan hanya sebesar 30%. Pendidikan karakter merupakan pendidikan budi pekerti yang melibatkan aspek pengetahuan, perasaan, dan tindakan. Pada pembelajaran Kurikulum 2013, siswa didorong untuk mengembangkan kreativitas, mampu berpikir kritis, disiplin, dapat berkomunikasi dengan baik, dan mampu bekerjasama dengan orang lain. Pembelajaran berbasis karakter dapat diterapkan melalui penggunaan metode diskusi berbantuan media video. Hasil observasi pada kelas IV di SDN Badean 1 Bondowoso menunjukkan bahwa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas belum menerapkan metode diskusi berbantuan media video. Berdasarkan hal tersebut, maka diujicobakan metode diskusi berbantuan video dalam pembelajaran tema Daerah Tempat Tinggalku di kelas IV. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Adakah pengaruh penggunaan metode diskusi berbantuan media video dalam pembelajaran tema Daerah Tempat Tinggalku terhadap karakter toleransi dan disiplin siswa kelas IV di SDN Badean 1 Bondowoso?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan metode diskusi berbantuan media video dalam pembelajaran tema Daerah Tempat Tinggalku terhadap karakter toleransi dan disiplin siswa kelas IV di SDN Badean 1 Bondowoso. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Badean 1 Bondowoso mulai tanggal 26 Mei sampai 8 Juni 2018. Subjek penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV A dan IV B yang berjumlah 73 siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan pola Pretest-Posttest Control Group Design. Hasil uji homogenitas dengan uji Levene diperoleh hasil thitung = 1,225. Berdasarkan uji homogenitas diketahui hasil thitung ≤ ttabel (1,225 < 1,671), sehingga dapat dikatakan bahwa kedua kelas homogen. Metode pengumpulan data berupa perlakuan (treatment) dan tes. Analisis data menggunakan SPSS versi 22 dengan analisis uji-t sampel terpisah (Independent Sample T-test). Hasil t-test untuk karakter toleransi dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung > ttabel (2,880 > 1,671) dan untuk karakter disiplin (5,869 > 1,671). Selain itu, didukung juga dari perbedaan nilai rata-rata posttest kedua kelompok. Kelompok eksperimen menunjukkan nilai rata-rata posttest untuk karakter toleransi sebesar 91,92 sedangkan, karakter disiplin sebesar 85,68. Kelompok kontrol menunjukkan nilai rata-rata posttest sebesar 88,25 untuk karakter toleransi sedangkan karakter disiplin sebesar 80,94. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode diskusi berbantuan media video dalam pembelajaran tema Daerah Tempat Tinggalku terhadap karakter toleransi dan disiplin siswa kelas IV di SDN Badean 1 Bondowoso.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries140210204111;
dc.subjectMetode Diskusien_US
dc.subjectMedia Videoen_US
dc.subjectDaerah Tempat Tinggalkuen_US
dc.titlePengaruh Penggunaan Metode Diskusi Berbantuan Media Video Dalam Pembelajaran Tema Daerah Tempat Tinggalku Terhadap Karakter Toleransi Dan Disiplin Siswa Kelas IV Di Sdn Badean 1 Bondowosoen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record