• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Penggunaan Metode Diskusi Berbantuan Media Video Dalam Pembelajaran Tema Daerah Tempat Tinggalku Terhadap Karakter Toleransi Dan Disiplin Siswa Kelas IV Di Sdn Badean 1 Bondowoso

    Thumbnail
    View/Open
    Nabila Cahya Bulan - 140210204111.pdf_.pdf (7.802Mb)
    Date
    2018-11-13
    Author
    BULAN, Nabila Cahya
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    pembelajaran Kurikulum 2013. Di jenjang Sekolah Dasar (SD) penanaman karakter diberikan sebanyak 70%, sedangkan pengetahuan hanya sebesar 30%. Pendidikan karakter merupakan pendidikan budi pekerti yang melibatkan aspek pengetahuan, perasaan, dan tindakan. Pada pembelajaran Kurikulum 2013, siswa didorong untuk mengembangkan kreativitas, mampu berpikir kritis, disiplin, dapat berkomunikasi dengan baik, dan mampu bekerjasama dengan orang lain. Pembelajaran berbasis karakter dapat diterapkan melalui penggunaan metode diskusi berbantuan media video. Hasil observasi pada kelas IV di SDN Badean 1 Bondowoso menunjukkan bahwa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas belum menerapkan metode diskusi berbantuan media video. Berdasarkan hal tersebut, maka diujicobakan metode diskusi berbantuan video dalam pembelajaran tema Daerah Tempat Tinggalku di kelas IV. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Adakah pengaruh penggunaan metode diskusi berbantuan media video dalam pembelajaran tema Daerah Tempat Tinggalku terhadap karakter toleransi dan disiplin siswa kelas IV di SDN Badean 1 Bondowoso?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan metode diskusi berbantuan media video dalam pembelajaran tema Daerah Tempat Tinggalku terhadap karakter toleransi dan disiplin siswa kelas IV di SDN Badean 1 Bondowoso. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Badean 1 Bondowoso mulai tanggal 26 Mei sampai 8 Juni 2018. Subjek penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV A dan IV B yang berjumlah 73 siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan pola Pretest-Posttest Control Group Design. Hasil uji homogenitas dengan uji Levene diperoleh hasil thitung = 1,225. Berdasarkan uji homogenitas diketahui hasil thitung ≤ ttabel (1,225 < 1,671), sehingga dapat dikatakan bahwa kedua kelas homogen. Metode pengumpulan data berupa perlakuan (treatment) dan tes. Analisis data menggunakan SPSS versi 22 dengan analisis uji-t sampel terpisah (Independent Sample T-test). Hasil t-test untuk karakter toleransi dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung > ttabel (2,880 > 1,671) dan untuk karakter disiplin (5,869 > 1,671). Selain itu, didukung juga dari perbedaan nilai rata-rata posttest kedua kelompok. Kelompok eksperimen menunjukkan nilai rata-rata posttest untuk karakter toleransi sebesar 91,92 sedangkan, karakter disiplin sebesar 85,68. Kelompok kontrol menunjukkan nilai rata-rata posttest sebesar 88,25 untuk karakter toleransi sedangkan karakter disiplin sebesar 80,94. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode diskusi berbantuan media video dalam pembelajaran tema Daerah Tempat Tinggalku terhadap karakter toleransi dan disiplin siswa kelas IV di SDN Badean 1 Bondowoso.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/87926
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15272]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository