PELAKSANAAN PROSEDUR ADMINISTRASI SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR PADA DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN JEMBER
Abstract
Berdasarkan hasil kegiatan Praktek Kerja Nyata di Dinas Perpustakaan dan
Kearsipan Kabupaten Jember dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan aturan
kerja yang ada, maka dari itu dapat ditarik kesimpulan dari hasil kegiatan
pelaksanaan prosedur administrasi surat masuk sebagai berikut.
a. Kegiatan yang dilakukan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan
Kabupaten Jember dibagian administrasi ini terdapat prosedur pengelolaan
surat masuk dan surat keluar antara lain.
Prosedur surat masuk;
1. surat masuk diterima oleh bagian pelayanan
2. surat diteruskan ke bagian umum dan kepegawaian
3. surat masuk diproses oleh staf bagian umum dan kepegawaian
4. bagian umum dan kepegawaian mencatat surat dalam buku agenda
surat masuk
5. surat diajukan ke Kepala Dinas untuk ditindak lanjuti atau diberi
disposisi
6. setelah Kepala Dinas memberi Disposisi lalu surat diarsipkan
Prosedur surat keluar;
1. surat keluar dibuat oleh bagian atau bidang yang bersangkutan
2. surat diberi nomor dan dicatat oleh Bagian Umum dan Kepegawaian
3. surat keluar digandakan (rangkap dua) dan difotocopy
4. surat keluar ditandatangani dan diberi cap stempel oleh Kepala Dinas
5. pembuatan amplop surat keluar lalu pengiriman surat
b. Kegiatan selama Praktek Kerja Nyata di bagian pelaksanaan administrasi
diantaranya:
1. membantu mengagendakan surat masuk dan surat keluar
2. membantu mengisi lembas disposisi menggunakan komputer
3. membantu pembuatan jadwal apel pagi
4. membantu perekapan daftar hadir pegawai
Collections
- DP-Sectariat Economic [237]