Show simple item record

dc.contributor.authorAn’im Falakhudin
dc.date.accessioned2013-12-12T15:23:22Z
dc.date.available2013-12-12T15:23:22Z
dc.date.issued2013-12-12
dc.identifier.nimNIM080210391022
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8711
dc.description.abstractKeterampilan dan Kemandirian belajar siswa kelas XI IPS 2 MAN Jember 1 dalam pembelajaran Akuntansi masih tergolong rendah dibandingkan dengan kelas XI lainnya. Hal ini dikarenakan media pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran akuntansi menggunakan media sederhana (papan tulis dan bagan-bagan) yang disampaikan dengan metode ceramah. Oleh karena itu penggunaan media aplikasi komputer akuntansi program accurate accounting menjadi perlu. Penggunaan media aplikasi komputer akuntansi program accurate accounting diharapkan dapat membantu proses pembelajaran yang selama ini dilakukan sehingga siswa memiliki keterampilan dan kemandirian belajar yang tinggi. Penelitian ini meruapakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaborasi antara guru dan peneliti yang bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan proses pembelajaran dengan menggunakan media aplikasi komputer akuntansi program accurate accounting untuk meningkatkan keterampilan dan kemandirian siswa kelas XI IPS 2 MAN Jember 1 pada mata pelajaran akuntansi standar kompetensi siklus akuntansi perusahaan jasa semester genap tahun pelajaran 2011/2012. 2) Meningkatkan keterampilan siswa kelas XI IPS 2 MAN Jember 1 melalui penggunaan media aplikasi komputer akuntansi program accurate accounting pada mata pelajaran akuntansi standar kompetensi siklus akuntansi perusahaan jasa semester genap tahun pelajaran 2011/2012. 3) Meningkatkan kemandirian belajar kelas siswa XI IPS 2 MAN Jember 1 melalui penggunaan media aplikasi komputer akuntansi program accurate accounting pada mata pelajaran akuntansi standar kompetensi siklus akuntansi perusahaan jasa semester genap tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPS 2 MAN Jember 1. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumen. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu memaparkan data yang diperoleh dari hasil pelaksanaan tindakan. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan keterampilan, yang dapat dilihat dari hasil observasi pada siklus I, diketahui skor rata-rata keterampilan belajar sebesar 2,95 (kategori sedang) dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 3,4 (kategori tinggi). Hasil tugas siswa yang diperoleh dari pekerjaan siswa menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata tugas siswa sebesar 64,5 (kategori cukup). Sedangkan, nilai rata-rata tugas siswa pada siklus II sebesar 79,5 (kategori baik). Kemandirian belajar siswa pada siklus I sebesar 3,05 (kategori tinggi) dan pada siklus II kemandirian belajar siswa meningkat sebesar 0,49 menjadi 3,52 (kategori tinggi). Hasil penelitian ini menunjukkan dengan penggunaan media aplikasi komputer akuntansi program accurate accounting dapat meningkatkan keterampilan dan kemandirian belajar siswa. Peneliti menyarankan kepada guru akuntansi MAN Jember 1 bahwa, media aplikasi komputer akuntansi program accurate accounting dapat dijadikan sebagai alternatif media pembelajaran, yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan dan kemandirian belajar siswa terhadap suatu materi yang diajarkan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210391022;
dc.subjectKeterampilan Siswa, Kemandirian Belajar Siswa, Media Aplikasi Komputer Akuntansi Program Accurate Accountingen_US
dc.titlePENINGKATAN KETERAMPILAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA APLIKASI KOMPUTER AKUNTANSI PROGRAM ACCURATE ACCOUNTINGen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record