HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DENGAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA KURSUS BAHASA INGGRIS PADA DENNY’S BUNCH DI KABUPATEN LUMAJANG TAHUN 2012
Abstract
Kebutuhan  masyarakat  akan  pendidikan  semakain  meningkat,  sedang  daya 
tampung  pendidikan  formal  sangat  terbatas.  Menghadapi  permasalahan  tersebut 
pendidikan  luar  sekolah  hadir  menjembatani  kesenjangan-kesenjangan  itu  dalam 
bentuk  kursus.  Menghadapi  keadaan  yang  demikian  diharapkan  anak-anak  tidak 
tergantung  pada  pendidikan  sekolah.  Adanya  keinginan  pada  mereka  yang  dilandasi 
dengan kebutuhan siswa dapat membangkitkan minat siswa untuk belajar. 
Minat  adalah  gejala  kejiwaan  yang  dapat  berupa  keadaan  atau  juga  berupa 
sikap  dimana  kesadaran  dipusatkan  dan  diarahkan  pada  suatu  obyek  tertentu  adalah 
tingkah  laku  dalam  belajar  yang  akhirnya  menimbulkan  aktivitas-aktivitas  pada 
peserta  kursus,  pada  dasarnya  seorang  siswa  akan  menaruh  minat  belajar  terhadap 
sesuatu  materi  karena  didorong  oleh  keinginanya.  Dari  keinginannya  tersebut  akan 
menggerakan siswa atau anak didik untuk melakukan aktivitas yang mendukung dari 
kegiatan-kegiatan  yang  diinginkannya.  Aktivitas  adalah  suatu  bentuk  kegiatan  yang 
dilakukan agar terjadi perubahan pada tingkah laku dan kecakapan seseorang. Dengan 
adanya  minat  diharapkan  peserta  kursus  lebih  berkeinginan  untuk  melakukan 
aktivitas-aktivitas belajar.   
Tujuan  yang  dicapai  dalam  penelitian  ini  adalah  ingin  mengetahui  adakah 
hubungan antara minat belajar dengan aktivitas belajar peserta kursus bahasa inggris 
pada Denny’s Bunch di Kabupaten Lumajang  Tahun 2012. Tujuan khususnya adalah 
untuk  mengetahui  adakah  hubungan  antara  minat  belajar  karena  pengaruh  faktor internal dengan aktivitas belajar peserta kursus bahasa inggris  pada Denny’s Bunch 
dan untuk mengetahui adakah hubungan antara minat belajar karena pengaruh faktor 
eksternal dengan aktivitas belajar peserta kursus bahasa inggris pada Denny’s Bunch. 
Manfaat  dari  penelitian  ini  adalah  disamping  untuk  mengaplikasikan  ilmu  yang  ada 
juga agar masyarakat lebih mengerti akan arti pentingnya pendidikan. 
 Metode  yang  digunakan  dalam  penelitian  adalah  metode  angket,  observasi, 
wawancara, dan dokumentasi. 
Penelitian  ini  menggunakan  tehnik  analisis  Korelasi  Product  Moment.  Hasil 
analisis  data  yang  ditunjukan  melalui  tabel  Product  Moment.  Hasil  analisis  data 
pertama  diperoleh  r  statistik  sebesar  0,641  yang  ternyata  lebih  besar  dari  tabel  yaitu 
N=60  dengan  taraf  signifikan  5%=0,254.  Ini  berarti  hasilnya  signifikan,  dengan 
demikian  berarti  hipotesis  nihilnya  ditolak  dan  menerima  hipotesis  alternatifnya. 
Hasil analisis data kedua diperoleh r statistik sebesar 0,588 yang ternyata lebih besar 
dari  tabel.  Ini  berarti  hasilnya  signifikan,  dengan  demikian  berarti  hipotesis  nihilnya 
ditolak  dan  menerima  hipotesis  alternatifnya.  Hasil  analisis  data  ketiga  diperoleh  r 
statistik  sebesar  0.704  yan  ternyata  lebih  besar  dari  tabel  yaitu  N=  60  dengan  taraf 
signifikan  5%=0,254.  Ini  berarti  hasilnya  signifikan,  dengan  demikian  berarti 
hipotesis nihilya ditolak dan menerima hipotesis alternatifnya. 
Kesimpulan  akhir  yang  dapat  diambil  dalam  penelitian  ini  adalah  hubungan 
yang  signifikan  antara  minat  belajar  dengan  aktivitas  belajar  peserta  kursus  bahasa 
inggris pada Denny’s Bunch di Kabupaten Lumajang Tahun 2012.  
Saran-saran  Bagi  pendidik  Lembaga  Kursus  bahasa  Inggris  Denny’s Bunch 
hendaknya  dapat  memberikan  motivasi  kepada  peserta  didik  agar  para  peserta 
tersebut  rajin  dalam  mengikuti  kursus  bahasa  inggris  di  Lembaga  Kursus  Denny’s 
Bunch Kabupaten Lumajang dan lembaga kursus bahasa Inggris Denny’s Bunch perlu 
melakukan  proses  seleksi  didalam  proses  rekrutmen  peserta  didik  sehingga 
mendapatkan  peserta  sesuai  dengan  kebutuhan  dan  sesuai  dengan  persyaratan  yang 
telah ditentukan.
