Show simple item record

dc.contributor.authorNani Farah Fasica
dc.date.accessioned2013-12-12T13:34:48Z
dc.date.available2013-12-12T13:34:48Z
dc.date.issued2013-12-12
dc.identifier.nimNIM080210402041
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8691
dc.description.abstractMata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan penunjang bagi keberhasilan proses kegiatan belajar mengajar bidang studi lainnya. Keterampilan berbahasa mempunyai empat komponen, yaitu : a) keterampilan menyimak, b) keterampilan berbicara, c) keterampilan membaca, dan d) keterampilan menulis. Sebagai salah satu keterampilan berbahasa yang bersifat aktif, keterampilan mendengarkan bukanlah hal yang mudah untuk dikuasai siswa. Penguasaanya membutuhkan ketelitian. Salah satu komponen sastra yang dipelajari di dalam kegiatan mendengarkan adalah memahami cerita yang disampaikan secara langsung atau melalui rekaman. Untuk memahami isi cerita, pemahaman unsur- unsur intrinsik di dalam cerita perlu di kuasai. Observasi awal menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas X MA Islamiyah Asembagus dalam pembelajaran menganalisis unsur intrinsik cerita rakyat masih belum mencapai ketuntasan belajar. Salah satu penyebabnya adalah model pembelajaran yang digunakan guru masih bersifat tradisional, sehingga mengakibatkan siswa menjadi pasif dalam belajar. Penerapan model pembelajaran Think Pair Share (untuk selanjutnya akan disingkat TPS) digunakan untuk meningkatkan pemahaman unsur intrinsik cerita rakyat. Penerapan TPS ini dipilih karena dengan model pembelajaran ini siswa dilatih berpikir (Think) masalah yang diberikan guru, berpasangan (pair) mendiskusikan tugas yang diberikan guru dengan pasangannya, berbagi (share) kepada pasangan lain. Penelitian ini mengangkat permasalahan: 1) bagaimanakah penerapan model pembelajaran TPS dalam pembelajaran menganalisis unsur intrinsik cerita rakyat siswa kelas X MA Islamiah Asembagus, dan 2) bagaimanakah peningkatan pemahaman unsur intrinsik cerita rakyat setelah diterapkan model pembelajaran TPS siswa kelas X MA Islamiyah Asembagus. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan, 1) penerapan model pembelajaran TPS dalam pembelajaran menganalisis unsur intrinsik cerita rakyat siswa kelas X MA Islamiah Asembagus, dan 2) peningkatan pemahaman unsur intrinsik cerita rakyat siswa kelas X MA Islamiah Asembagus setelah diterapkan model pembelajaran TPS. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing- masing dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan dan dilaksanakan kolaborasi antara peneliti dengan guru. Data diperoleh dari hasil observasi yang dilakukan dalam suatu kegiatan pembelajaran, hasil wawancara dengan siswa dan guru Bahasa Indonesia kelas X MA Islamiyah Asembagus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran TPS pemahaman unsur intrinsik cerita rakyat siswa kelas X MA Islamiyah Asembagus mengalami peningkatan. Hasil belajar menganalisis unsur intrinsik cerita rakyat dapat diketahui melalui adanya peningkatan hasil belajar pada tiap siklus. Pada tahap prasiklus terdapat 9 siswa (20,4%) yang mendapat nilai 75. Pada siklus I terjadi peningkatan dari 9 menjadi 16 siswa (36%) yang mendapat nilai 75, kemudian pada siklus II 34 siswa (78%) yang mendapat nilai 75. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran menganalisis unsur intrinsik cerita rakyat melalui model pembelajaran TPS pada siklus II, hasil belajar siswa menjadi lebih meningkat dan siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran. Hal ini disebabkan pada siklus II guru bisa membimbing siswa dalam berdiskusi dan mengerjakan tugas, dari pada siklus I guru kurang aktif membimbing siswa dalam mengerjakan tugas dan berdiskusi. Saran yang diberikan berdasarkan hasil penelitian yaitu: 1) bagi siswa, Siswa hendaknya lebih terlibat secara penuh dalam pembelajaran dan dapat menciptakan interaksi antar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia, 2) Bagi guru, Seorang guru hendaknya lebih kreatif dalam menggunakan model dalam pembelajaran, 3) Bagi peneliti selanjutnya, sebaiknya dijadikan sebagai masukan untuk mengembangkan penelitian selanjutnya dengan menggunakan TPS sesuai dengan materi yang diteliti.en_US
dc.language.isozhen_US
dc.relation.ispartofseries080210402041;
dc.subjectemahaman Unsur Intrinsik, Ce rita Rakyat, Model Pembelajaran Think Pair Shareen_US
dc.titleENINGKATAN PEMAHAMAN UNSUR INTRINSIK CERITA RAKYAT SISWA KELAS X MA NU ISLAMIAH ASEMBAGUS SITUBONDO DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TPS ( Think Pair Share) (Tahun ajaran 2011/2012)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record