• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    TINDAK TUTUR LANGSUNG DAN TIDAK LANGSUNG DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 3 SD PELITA HATI NATIONAL PLUS SCHOOL JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Maria Imaculata Novita Dyah Kurniawati - 070210402080 (2)_1.pdf (831.9Kb)
    Date
    2013-12-12
    Author
    Maria Imaculata Novita Dyah Kurniawati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Salah satu peristiwa berbahasa yang menarik dikaji secara pragmatik, khususnya pada aspek tindak tutur adalah peristiwa tutur yang terjadi guru dan siswa SD dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 3 SD PHNPS Jember. Di luar pembelajaran Bahasa Indonesia, siswa SD PHNPS diarahkan untuk menggunakan Bahasa Inggris sebagai alat komunikasi di sekolah. Untuk itu, keberadaan guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dituntut untuk dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, baik secara lisan maupun tertulis. Berdasarkan hal tersebut, permasalahan penelitian ini adalah Rancangan yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif. Jenis penelitian deskriptif. Data penelitian berupa tuturan beserta konteksnya yang diindikasikan sebagai tindak-tindak tutur langsung dan tindak-tindak tutur tidak langsung yang digunakan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas 3 di SD PHNPS. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasannya ditemukan realisasi TL yang digunakan guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 3 SD PHNPS terdiri dari 6 modus tindak tutur yaitu tindak tutur menyatakan, tindak tutur bertanya, tindak tutur menghimbau, tindak tutur memerintah, tindak tutur memberi pujian, dan tindak tutur memberi pilihan. Realisasi TTL terdiri dari 2 modus tindak tutur, yaitu tindak tutur menjelaskan dengan bertanya dan tindak tutur menjelaskan dengan memerintah. Berdasarkan hasil penelitian tentang realisasi TL dan TTL yang ditemukan tersebut, tindak tutur langsung Saran yang dapat diajukan berkenaan dengan hasil penelitian ini adalah bagi guru SD dan guru Bahasa Indonesia, disarankan untuk memilih wujud tindak tutur langsung atau tidak langsung yang tepat dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, sehingga materi mudah dipahami oleh siswa. Bagi mahasiswa FKIP Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, disarankan hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai alternatif referensi materi mata kuliah pragmatik. Bagi peneliti selanjutnya, disarankan untuk melakukan penelitian sejenis dan dikembangkan lebih mendalam yang berkaitan dengan kajian pragmatik, misalnya penelitian tentang tindak tutur langsung dan tidak langsung.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8688
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository