• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERAN SOFT SKILL GURU PAUD TERHADAP HASIL BELAJAR ANAK DIDIK DI PAUD TUNAS BANGSA KECAMATAN BANGSALSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011-2012

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Noer Kholisyah_01.pdf (226.7Kb)
    Date
    2013-08-27
    Author
    NOER KHOLISYAH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Anak usia dini adalah usia ketika seorang anak memasuki masa keemasan atau usia golden age dimana pada masa ini merupakan masa kritis dalam tahap perkembangan hidup seseorang. Masa ini saat yang tepat untuk meletakkan pondasi atau dasar-dasar kemampuan fisik, bahasa, sosial emosional, konsep diri, seni, moral, dan nilai-nilai agama. Hasil belajar anak usia dini ini merupakan hasil dari kemampuan kognitif, psikomotorik, dan afektif yang dilakukan mulai dari gerakan dan fikiran seperti belajar menulis, berbicara, bergerak sesuai dengan dengan apa yang dilihat sepertik ketika saat olahraga, dimana pada anak berkembang pesat ini maka harus seimbang dengan keterampilan guru pada saat dalam kelas agar anak menjadi tumbuh kembang yang baik dan benar serta pada saat dirumahpun. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif karena penelitian ini tidak bermaksud untuk membandingkan atau menghubungkan dua variabel tertentu, melainkan untuk mengetahui bagaimana peran soft skill guru PAUD terhadap hasil belajar anak didik. Daerah atau tempat penelitian ini ditetapkan di PAUD Tunas Bangsa Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember tahun ajaran 2011-2012 ditetapkan mengunakan metode porposive sampling dengan tujuan untuk menetapkan lokasi yang di anggap pas untuk penelitian.dengan informan kunci 3 guru PAUD Tunas Bangsa dan informan pendukungnya yaitu kepada Ibu atau wali muris PAUD Tunas Bangsa. Metode yang digunakan dalam memperoleh data pada penelitian ini dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informasi yang diperoleh dengan wawancara dengan informan kunci yang di cocokkan dengan hasil wawancara pada pendukung dan hasil observasi secara langsung untuk mendapatkan data yang valid. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru PAUD Tunas Bangsa kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember ini sangat berpengaruh dan berperan penting dalam hasil belajar anak didiknya. Hal ini didukung dengan semakin baik hasil belajar anak didik maka semakin baik soft skill atau keterampilan guru dan perannya pada saat didalam kelas. Adapun saran bagi guru PAUD Tunas Bangsa untuk lebih meningkatkan lagi perannya baik dalam berkomunikasi serta perannya dalam kelas.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/868
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository