PERAN SOFT SKILL GURU PAUD TERHADAP HASIL BELAJAR ANAK DIDIK DI PAUD TUNAS BANGSA KECAMATAN BANGSALSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011-2012
Abstract
Anak usia dini adalah usia ketika seorang anak memasuki masa keemasan
atau usia golden age dimana pada masa ini merupakan masa kritis dalam tahap
perkembangan hidup seseorang. Masa ini saat yang tepat untuk meletakkan pondasi
atau dasar-dasar kemampuan fisik, bahasa, sosial emosional, konsep diri, seni, moral,
dan nilai-nilai agama.
Hasil belajar anak usia dini ini merupakan hasil dari kemampuan kognitif,
psikomotorik, dan afektif yang dilakukan mulai dari gerakan dan fikiran seperti
belajar menulis, berbicara, bergerak sesuai dengan dengan apa yang dilihat sepertik
ketika saat olahraga, dimana pada anak berkembang pesat ini maka harus seimbang
dengan keterampilan guru pada saat dalam kelas agar anak menjadi tumbuh kembang
yang baik dan benar serta pada saat dirumahpun.
Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif karena penelitian ini
tidak bermaksud untuk membandingkan atau menghubungkan dua variabel tertentu,
melainkan untuk mengetahui bagaimana peran soft skill guru PAUD terhadap hasil
belajar anak didik. Daerah atau tempat penelitian ini ditetapkan di PAUD Tunas
Bangsa Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember tahun ajaran 2011-2012
ditetapkan mengunakan metode porposive sampling dengan tujuan untuk menetapkan
lokasi yang di anggap pas untuk penelitian.dengan informan kunci 3 guru PAUD
Tunas Bangsa dan informan pendukungnya yaitu kepada Ibu atau wali muris PAUD
Tunas Bangsa.
Metode yang digunakan dalam memperoleh data pada penelitian ini dengan
menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informasi yang diperoleh dengan wawancara dengan informan kunci yang di cocokkan dengan hasil
wawancara pada pendukung dan hasil observasi secara langsung untuk mendapatkan
data yang valid.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru PAUD Tunas
Bangsa kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember ini sangat berpengaruh dan
berperan penting dalam hasil belajar anak didiknya. Hal ini didukung dengan semakin
baik hasil belajar anak didik maka semakin baik soft skill atau keterampilan guru dan
perannya pada saat didalam kelas. Adapun saran bagi guru PAUD Tunas Bangsa
untuk lebih meningkatkan lagi perannya baik dalam berkomunikasi serta perannya
dalam kelas.