Show simple item record

dc.contributor.authorHujjatul Balighoh
dc.date.accessioned2013-12-12T07:48:47Z
dc.date.available2013-12-12T07:48:47Z
dc.date.issued2013-12-12
dc.identifier.nimNIM050210103068
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8635
dc.description.abstractPendidikan adalah suatu pembentukan kepribadian dan kemampuan anak dalam menuju kedewasaan. Setiap usaha pendidikan itu bertujuan, dan dirumuskan secara eksplisit. Secara umum tujuan pendidikan adalah dicapainya kedewasaan anak didik. Ciri dari kedewasaan itu sangat diwarnai oleh pandangan masyarakat dan termasuk didalamnya adalah pendidik Tenaga kependidikan secara terus menerus telah berusaha memahami proses pendidikan karena harus membuat keuputusan secara profesional dalam melakukan tugasnya. Peningkatan mutu pendidikan harus dimulai dari usaha peningkatan mutu tenaga pendidik guru. SMA Negeri 1 Sampang. SMA ini merupakan sekolah favorit di Sampang dan merupakan sekolah rintisan SBI (Sekolah Berbasis Internasional), tetapi proses pembelajaran masih menggunakan cara lama yaitu metode ceramah. Oleh karena itu, Penerapan Strategi pembelajaran Guided Discovery diterapkan pada konsep Sistem Saraf dan Sistem Indera. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi dan penguasaan konsep belajar siswa kelas XI IPA 3 semester gasal tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sampang pada 28 April – 11 Mei 2010. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 sebanyak 40 siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Penelitian ini dilaksanakan berupa proses pengkajian berdaur (cyclical) yang terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap utama yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, tes, observasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan untuk menghitung presentase peningkatan motivasi menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan motivasi yang cukup berarti dari siklus I ke siklus II, Peningkatan motivasi dengan lembar observasi menunjukkan bahwa peningkatan skor rata-rata motivasi intrinsik pada siklus I dan siklus II sebesar 1,33. Peningkatan skor rata-rata motivasi intrinsik pada siklus I dan siklus II sebesar 1,05. Hasil data yang diperoleh melalui angket menunjukkan sebelum perlakuan pada aspek attention prosentase motivasi sebesar 81%. Pada aspek relevance prosentase motivasi sebesar 77,37%. Aspek confidence prosentase motivasi sebesar 69%. Sedangkan aspek yang terakhir aspek satisfaction prosentase motivasi sebesar 79%. Setelah perlakuan pada aspek attention prosentase motivasi sebesar 88%. Pada aspek Relevance prosentase motivasi sebesar 79,14%. Aspek confidence prosentase motivasi sebesar 79% . Sedangkan aspek yang terakhir aspek satisfaction prosentase motivasi sebesar 82,14% . Dari hasi tersebut di atas terdapat peningkatan dalam setiap aspek, pada aspek attention peningkatannya sebesar 7%, aspek relevance peningkatannya sebesar 1,77%, aspek confidence peningkatannya sebesar 10%, sedangkan aspek satisfaction peningkatannya sebesar 3,17% Ketuntasan belajar Biologi siswa kelas X.2 Semester I SMA Negeri 1 Sampang dengan Penerapan Strategi Pembelajaran Guided Discovery Dengan Kartu Konsep mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dan dapat mencapai ketuntasan sesuai SKM ≥ 75. Siklus I siswa yang tuntas belajarnya sebanyak 14 siswa dengan rata-rata kelas sebesar 67,45 dan pada siklus II meningkat menjadi 31 siswa yang tuntas belajarnya dengan rata-rata kelas sebesar 77,28. Peningkatan rata-rata kelas dari siklus I ke siklus II sebesar 9,53 dan peningkatan jumlah siswa yang tuntas belajarnya sebanyak 17 siswa. Sedangkan ketuntasan hasil belajar siklus I sebesar 35% mengalami peningkatan menjadi 87,5%. Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 52,5%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210103068;
dc.subjectStrategi Pembelajaran Guided Discovery, Kartu Konsep, Motivasi, Penguasaan Konsep, Biologien_US
dc.titlePENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY DENGAN KARTU KONSEP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI (Siswa Kelas XI IPA 3 Semester Genap SMA Negeri 1 Sampang Tahun Ajaran 2009/2010)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record