• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Efektivitas Kalimat dan Ejaan dalam Surat Undangan Resmi Karya Siswa Kelas VIII SMP Plus Darus Sholah Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Lailia Ulfa Wahidah - 080210402050 (2)_1.pdf (487.2Kb)
    Date
    2013-12-12
    Author
    Lailia Ulfa Wahidah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Surat undangan resmi adalah suatu sarana komunikasi yang digunakan untuk mengundang seseorang dalam suatu acara. Surat undangan termasuk surat dinas yang bersifat resmi sehingga bahasa yang digunakan adalah bahasa yang baik dan benar. Selain itu, bahasa yang digunakan seharusnya efektif. Keefektifan bahasa surat dinas meliputi kegramatikalan, kelogisan, pemilihan kata atau diksi, pemakaian huruf kapital dan pemakaian tanda baca. Dari hasil observasi yang dilakukan, masih terdapat kekurangefektifan kalimat dan ketidaktepatan ejaan dalam surat dinas yang ditulis siswa kelas VIII SMP Plus Darus Sholah Jember. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini mengambil surat dinas yang ditulis siswa kelas VIII SMP Plus Darus Sholah Jember sebagai objek penelitian. Kajian pada penelitian ini terdiri dari dua rumusan masalah, yaitu (1) bagaimanakah bentuk ketidakefektifan kalimat pada surat dinas siswa kelas VIII SMP Plus Darus Sholah Jember, (2) bagaimanakah bentuk ketidaktepatan ejaan pada surat dinas siswa kelas VIII SMP Plus Darus Sholah Jember. Berdasarkan rumusan masalah tersebut tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan bentuk ketidakefektifan kalimat pada surat dinas siswa kelas VIII SMP Plus Darus Sholah Jember, (2) mendeskripsikan bentuk ketidaktepatan ejaan pada surat dinas siswa kelas VIII SMP Plus Darus Sholah Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Rancangan penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpul data dilakukan dengan teknik dokumentasi, penugasan dan teknik observasi. Teknik analisis data dilakukan proses analisis data terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahap yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan penyelesaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa surat dinas siswa kelas VIII SMP Plus Darus Sholah Jember meliputi ketidakefektifan kalimat dan ketidaktepatan ejaan. Berdasarkan ketidakefektifan kalimat meliputi ketidakgramatikalan, ketidaklogisan, pemilihan kata atau diksi. Ketidaktepatan ejaan meliputi, ketidaktepatan penulisan kata, pemakaian huruf kapital dan ketidaktepatan pemakaian tanda baca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk ketidakefektifan kalimat dalam karangan surat dinas siswa kelas VIII SMP Plus Darus Sholah Jember meliputi: (1) bentuk ketidakgramatikalan kalimat, yang terdiri dari (a) ketidaktepatan penggunaan kata berimbuhan, (b) kesalahan penyusunan kata, (2) bentuk ketidaklogisan kalimat, yang meliputi (a) pemakaian kata yang tidak sesuai dengan konteks kalimat dan (b) pemakaian pronomina –nya, (3) bentuk ketidaktepatan penggunaan pilihan kata, yang mencakup (a) penggunaan kata yang tidak baku, (b) penggunaan kata yang bersinonim, (c) penggunaan kata yang tidak lugas dan (d) ketidakcermatan. Bentuk ketidaktepatan ejaan dalam surat dinas siswa kelas VIII SMP Plus Darus Sholah Jember meliputi : (1) ketidaktepatan penulisan kata, (2) ketidaktepatan pemakaian huruf kapital, dan (3) ketidaktepatan pemakaian tanda baca, yang meliputi (a) ketidaktepatan tanda baca titik, (b) ketidaktepatan tanda baca koma, (c) ketidaktepatan tanda baca titik dua, dan (d) ketidaktepatan tanda baca garis miring. Berdasarkan hasil penelitian dapat, diberikan saran sebagai berikut (1) bagi mahasiswa Program Studi Pendidkan Bahasa dan Sastra Indonesia sebagai calon guru Bahasa Indonesia hendaknya mengadakan diskusi dari penelitian ini mengenai ketidakefektifan kalimat dan ketidaktepatan ejaan terutama dalam surat dinas, (2) bagi guru bahasa Indonesia pada umumnya dan khususnya guru Bahasa Indonesia di SMP Plus Darus sholah Jember sebaiknya meningkatkan keterampilan berbahasa siswa, terutama dalam menyusun kalimat surat-surat yang bersifat resmi, (3) bagi peneliti selanjutnya, sebaiknya mengadakan penelitian yang lebih mendalam mengenai ketidakefektifan kalimat dan ketidaktepatan ejaan dalam surat dinas, terutama dalam ruang lingkup yang lebih eksplisit.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8624
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15276]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository