dc.contributor.advisor | SURATNO | |
dc.contributor.advisor | HARIYADI, Slamet | |
dc.contributor.author | MASRUROH, Siti | |
dc.date.accessioned | 2018-07-04T04:29:24Z | |
dc.date.available | 2018-07-04T04:29:24Z | |
dc.date.issued | 2018-07-04 | |
dc.identifier.nim | NIM130210103048 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86154 | |
dc.description.abstract | Fakta-fakta ketika dilakukan observasi di SMP Negeri 1 Jelbuk
menunjukkan bahwa hasil rata-rata nilai ulangan harian pada materi sebelumnya
yang diperoleh kelas VII C tergolong paling rendah, sehingga perlu dilakukan
suatu tindakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Nilai Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM) yang diterapkan di SMP Negeri 1 Jelbuk adalah 75. Dari 35
siswa yang mendapat nilai diatas KKM hanya 3 siswa dan 32 siswa lainnya masih
berada dibawah nilai KKM, jadi secara klasikal hanya 8,6% siswa dalam satu
kelas yang lulus KKM. Pada kelas VII C ini terlihat kurangnya perhatian maupun
semangat siswa dalam kegiatan pembelajaran. Menurut guru mata pelajaran IPA
tersebut siswa kurang tanggap terhadap tugas yang diberikan guru dibadingkan
dengan kelas lainnya. Kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan juga masih
rendah, hal ini berkaitan dengan kemampuan berpikir kreatif siswa. Berpikir
kreatif adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi yang mengkombinasikan
berpikir logis dan divergen. Permasalahan lainya yaitu mengenai perhatian siswa
pada saat pembelajaran berlangsung, siswa lebih sering berbicara dengan teman
sebangkunya. Berdasarkan beberapa permasalahan tersebut maka keterampilan
berpikir kreatif dan hasil belajar siswa harus ditingkatkan dengan menggunakan
model pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif sehingga keterampilan
berpikir kreatifnya dapat berkembang, serta model pembelajaran yang dapat
menjadikan masalah dikelas seperti berbicara dengan teman sebangku menjadi
salah satu tahapan dalam pembelajaran. Model pembelajaran yang
mengelompokkan siswa dengan teman sebangku yaitu salah satunya model
pembelajaran Think Pair Share (TPS). | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 130210103048; | |
dc.subject | Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS), | en_US |
dc.subject | dengan Peta Konsep untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif, | en_US |
dc.subject | dan Hasil Belajar IPA Biologi | en_US |
dc.title | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII C SMP N 1 JELBUK JEMBER (MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN) | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |