• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII C SMP N 1 JELBUK JEMBER (MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN)

    Thumbnail
    View/Open
    Siti Masruroh - 130210103048.pdf-.pdf (5.111Mb)
    Date
    2018-07-04
    Author
    MASRUROH, Siti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fakta-fakta ketika dilakukan observasi di SMP Negeri 1 Jelbuk menunjukkan bahwa hasil rata-rata nilai ulangan harian pada materi sebelumnya yang diperoleh kelas VII C tergolong paling rendah, sehingga perlu dilakukan suatu tindakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang diterapkan di SMP Negeri 1 Jelbuk adalah 75. Dari 35 siswa yang mendapat nilai diatas KKM hanya 3 siswa dan 32 siswa lainnya masih berada dibawah nilai KKM, jadi secara klasikal hanya 8,6% siswa dalam satu kelas yang lulus KKM. Pada kelas VII C ini terlihat kurangnya perhatian maupun semangat siswa dalam kegiatan pembelajaran. Menurut guru mata pelajaran IPA tersebut siswa kurang tanggap terhadap tugas yang diberikan guru dibadingkan dengan kelas lainnya. Kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan juga masih rendah, hal ini berkaitan dengan kemampuan berpikir kreatif siswa. Berpikir kreatif adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi yang mengkombinasikan berpikir logis dan divergen. Permasalahan lainya yaitu mengenai perhatian siswa pada saat pembelajaran berlangsung, siswa lebih sering berbicara dengan teman sebangkunya. Berdasarkan beberapa permasalahan tersebut maka keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa harus ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif sehingga keterampilan berpikir kreatifnya dapat berkembang, serta model pembelajaran yang dapat menjadikan masalah dikelas seperti berbicara dengan teman sebangku menjadi salah satu tahapan dalam pembelajaran. Model pembelajaran yang mengelompokkan siswa dengan teman sebangku yaitu salah satunya model pembelajaran Think Pair Share (TPS).
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/86154
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15324]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository