dc.description.abstract | Proses penerapan strategi KWL yang dapat meningkatkan kemampuan membaca
pemahaman pada siswa kelas III SDN Banjarsengon 02 Kabupaten Jember tahun
pelajaran 2011-2012 dilakukan dengan cara: a) guru (praktisi) menjelaskan langkahlangkah
kegiatan
pembelajaran
dengan
menggunakan
strategi
KWL
secara
jelas,
b)
guru
sering
memberikan contoh kepada siswa dalam mengerjakan LKS dan merangkum isi
teks bacaan, d) guru sering berkeliling untuk mengecek siswa dalam mengerjakan tugas
yang diberikan, dan e) guru pandai menarik perhatian siswa dalam proses pembelajaran.
Hasil belajar siswa setelah diterapkan strategi KWL mengalami peningkatan.
Siswa dapat membuat dan menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan teks bacaan
yang mereka baca serta dapat membuat kesimpulan/ringkasan yang singkat, jelas dan
sesuai dengan isi teks bacaan yang dibaca. Peningkatan kemampuan membaca siswa
juga dapat dilihat dari perbandingan nilai pada tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II
dengan SKM yang telah ditetapkan di SDN Banjarsengon 02 adalah nilai 60. Pada tahap
prasiklus nilai rata-rata siswa 51,9 pada siklus I setelah diterapkan strategi KWL terjadi
peningkatan hasil belajar, nilai rata-rata siswa 67,5 dan pada siklus II nilai rata-rata
siswa 84,3.
Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada guru dalam pembelajaran
mata pelajaran lain aspek membaca bisa menggunakan penerapan strategi KWL karena
dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Selain itu, siswa juga dapat
membandingkan pengetahuan awal yang dimiliki sebelum membaca dengan
pengetahuan yang dimiliki setelah membaca. | en_US |