Show simple item record

dc.contributor.authorVenny Wijayanti
dc.date.accessioned2013-12-12T07:21:40Z
dc.date.available2013-12-12T07:21:40Z
dc.date.issued2013-12-12
dc.identifier.nimNIM060210102058
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8596
dc.description.abstractFisika merupakan disiplin ilmu yang mempelajari gejala alam dan menerangkan bagaimana gejala tersebut terjadi. Fisika tidak hanya berisi teoriteori atau rumus-rumus untuk dihafal tetapi fisika juga berisi banyak konsep yang harus difahami secara mendalam. Dengan demikian, siswa dituntut untuk dapat membangun pengetahuan mereka melalui peran aktifnya dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Sesuai dengan sifat fisika, maka diperlukan suatu strategi pembelajaran yang cocok. Salah satunya adalah strategi Reciprocal Teaching dengan teknik Mind Mapping. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengkaji hasil belajar siswa pada penerapan strategi Reciprocal Teaching dengan teknik Mind Mapping dalam pembelajaran fisika di SMP, (2) mengetahui aktivitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran menggunakan strategi Reciprocal Teaching dengan teknik Mind Mapping, dan (3) mengetahui retensi hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan strategi Reciprocal Teaching dengan teknik Mind Mapping. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Panji. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan control group pre-test post-test design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji 􀝐 untuk menjawab rumusan masalah yang pertama, menggunakan persentase aktivitas untuk menjawab rumusan masalah yang kedua, dan menggunakan uji 􀝎 untuk menjawab rumusan masalah yang ketiga. Analisis data menggunakan uji 􀝐 diperoleh nilai 􀝐􀯛􀯜􀯧􀯨􀯡􀯚 = 2,26 dan nilai 􀝐􀯧􀯔􀯕􀯘􀯟 = 1,99 sehingga 􀝐􀯛􀯜􀯧􀯨􀯡􀯚 > 􀝐􀯧􀯔􀯕􀯘􀯟 , maka hipotesis nihil (􀜪􀬴) ditolak dan hipotesis kerja (􀜪􀯔) diterima. Hasil analisis aktivitas siswa diperoleh persentase aktivitas siswa sebesar 77,32% dan termasuk pada kategori aktif. Analisis data menggunakan uji 􀝎 diperoleh nilai 􀝎􀯫􀯬 = 0,73 dan dapat dikategorikan tinggi. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika menggunakan strategi Reciprocal Teaching dengan teknik Mind Mapping dan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Panji tahun ajaran 2010/2011, (2) aktivitas belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Panji tahun ajaran 2010/2011 selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan strategi Reciprocal Teaching dengan teknik Mind Mapping termasuk dalam kategori aktif, dan (3) retensi hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Panji tahun ajaran 2010/2011 setelah mengikuti pembelajaran fisika menggunakan strategi Reciprocal Teaching dengan teknik Mind Mapping dapat dikategorikan tinggi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210102058;
dc.subjectStrategi Reciprocal Teaching, Teknik Mind Mappingen_US
dc.titlePENERAPAN STRATEGI RECIPROCAL TEACHING DENGAN TEKNIK MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record