dc.description.abstract | Dalam penelitian ini pada tahun pertama menghasilkan beberapa luaran yakni 1)identifikasi
potensi wisata batik Tuban dalam mengembangkan motif dan produknya, 2)Identifikasi peran
akademisi, pengusaha, pemerintah dalam pengembangan desa wisata batik Tuban, 3)
Rancangan desain strategi dan pola pengembangan desa wisata berbasis batik melalui PICI
(Public Policy, Infrastruktur, capacity Building and Inovation).
Pada riset tahun kedua dalam penelitian ini merupakan penjabaran lebih lanjut dari
luaran ketiga yakni rancangan desain strategi dan pola pengembangan desa wisata berbasis batik
melalui PICI terutama pada poin Inovation. Pada poin ini terdiri dari inovasi produk, motif dan
pengembangan pemasaran. Adapun tujuan utama pada riset ini yakni melakukan identifikasi
kegiatan komunikasi pemasaran desa wisata batik Tuban, mendeskripsikan model kegiatan
komunikasi pemasaran yang sesuai dengan kondisi desa wisata batik Tuban. Pada penelitian
tahun kedua ini juga akan menyusun rancangan model pengembangan kegiatan komunikasi
pemasaran yang sesuai dengan karakteristik desa wisata batik Tuban dalam mengembangkan
motif dan produk batik Tuban.
Pada penelitian ini analisis dilakukan secara komprehensif yang meliputi evaluasi
dengan pendekatan retrospektif dan prospektif. Pendekatan retrospektif digunakan untuk
mengevaluasi kekuatan dan tantangan keberadaan desa wisata batik Tuban dalam pasar
batik, sedangkan pendekatan prospektif digunakan untuk memprediksi dan mengantisipasi
tantangan dan peluang yang mungkin akan muncul pada rancangan model pengembangan
kegiatan komunikasi pemasaran pada desa wisata batik Tuban, serta discovery learning
terhadap temuan untuk menjadi masukan dalam pengambilan kebijakan yang berguna bagi
perkembangan pasar batik Tuban. | en_US |