Show simple item record

dc.contributor.advisorHusniah, : Furoidatul
dc.contributor.advisorWidjajanti, Anita
dc.contributor.authorSari, Patricia Inka Purnama
dc.date.accessioned2018-05-04T06:23:20Z
dc.date.available2018-05-04T06:23:20Z
dc.date.issued2018-05-04
dc.identifier.nimNIM 130210402031
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85688
dc.description.abstractMenulis merupakan kemampuan berbahasa yang harus dikuasai siswa setelah menyimak, berbicara, dan membaca. Menulis dikatakan penting karena dengan menulis seseorang dapat menjadi penemu atau pemecah masalah bukan sekedar menjadi penyadap informasi dari orang lain. Melalui menulis seseorang mampu mengenali potensi yang dimilikinya. Salah satu keterampilan menulis yang diajarkan di sekolah adalah menulis teks cerpen. Menulis cerpen ditingkat SMA diajarkan pada siswa kelas XI Semester 1 dengan Kompetensi Dasar (KD) 4.2 “Memproduksi teks cerita pendek yang koheren sesuai dengan karakteristik yang akan dibuat baik secara lisan mupun tulisan”. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI SMKN 5 Jember. Berdasarkan obsevasi yang dilakukan di SMKN 5 Jember, pada materi memproduksi cerita pendek, kompetensi yang harus dicapai oleh siswa tidak hanya mampu menulis cerpen saja akan tetapi siswa juga perlu memperhatikan struktur dalam cerita pendek yang meliputi orientasi, komplikasi, evaluasi dan resolusi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah kemampuan siswa kelas XI SMKN 5 Jember dalam penggambaran orientasi?, (2) bagaimanakah kemampuan siswa kelas XI SMKN 5 Jember dalam penggambaran komplikasi?, (3) bagaimanakah kemampuan siswa kelas XI SMKN 5 Jember dalam penggambaran evaluasi?, (4) bagaimanakah kemampuan siswa kelas XI SMKN 5 Jember dalam penggambaran resolusi?. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa kata atau frase yang mengindikasikan bagian struktur cerpen karya siswa. Sumber data adalah teks cerpen karya siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokomentasi. Instrumen utamanya adalah peneliti sendiri. Instrumen pendukungnya meliputi; lembar pengamatan observasi, tabel penilaian hasil belajar siswa. Prosedur penelitian terdiri atas tiga tahap yakni, tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap penyelesaian.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMenulis Cerpenen_US
dc.titleKEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI SMKN 5 JEMBERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record