• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI SMKN 5 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Patricia Inka Purnama Sari - 130210402031.pdf SDH.pdf (4.721Mb)
    Date
    2018-05-04
    Author
    Sari, Patricia Inka Purnama
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Menulis merupakan kemampuan berbahasa yang harus dikuasai siswa setelah menyimak, berbicara, dan membaca. Menulis dikatakan penting karena dengan menulis seseorang dapat menjadi penemu atau pemecah masalah bukan sekedar menjadi penyadap informasi dari orang lain. Melalui menulis seseorang mampu mengenali potensi yang dimilikinya. Salah satu keterampilan menulis yang diajarkan di sekolah adalah menulis teks cerpen. Menulis cerpen ditingkat SMA diajarkan pada siswa kelas XI Semester 1 dengan Kompetensi Dasar (KD) 4.2 “Memproduksi teks cerita pendek yang koheren sesuai dengan karakteristik yang akan dibuat baik secara lisan mupun tulisan”. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI SMKN 5 Jember. Berdasarkan obsevasi yang dilakukan di SMKN 5 Jember, pada materi memproduksi cerita pendek, kompetensi yang harus dicapai oleh siswa tidak hanya mampu menulis cerpen saja akan tetapi siswa juga perlu memperhatikan struktur dalam cerita pendek yang meliputi orientasi, komplikasi, evaluasi dan resolusi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah kemampuan siswa kelas XI SMKN 5 Jember dalam penggambaran orientasi?, (2) bagaimanakah kemampuan siswa kelas XI SMKN 5 Jember dalam penggambaran komplikasi?, (3) bagaimanakah kemampuan siswa kelas XI SMKN 5 Jember dalam penggambaran evaluasi?, (4) bagaimanakah kemampuan siswa kelas XI SMKN 5 Jember dalam penggambaran resolusi?. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa kata atau frase yang mengindikasikan bagian struktur cerpen karya siswa. Sumber data adalah teks cerpen karya siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokomentasi. Instrumen utamanya adalah peneliti sendiri. Instrumen pendukungnya meliputi; lembar pengamatan observasi, tabel penilaian hasil belajar siswa. Prosedur penelitian terdiri atas tiga tahap yakni, tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap penyelesaian.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85688
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository