dc.description.abstract | Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan desain
penelitian model 4-D. Penelitian dilaksanakan di MAN Bondowoso pada semester
ganjil tahun ajaran 2017/2018. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik
simple random sampling. Selanjutnya data validitas diperoleh dari hasil lembar
validasi yang diisi oleh validator, kemudian data peningkatan kemampuan
berpikir kritis siswa madrasah aliyah, respon siswa diperoleh selama dan setelah
pembelajaran.
Berdasarkan hasil validasi Ahli diperoleh skor 86,97% dan pada validasi
pengguna diperoleh skor sebesar 89,37%, sehingga didapat validasi rata-rata
sebesar 88,17%. Hal tersebut menandakan bahwa media yang dikembangkan
memiliki kriteria sangat valid. Hasil uji pengembangan kemampuan berpikir kritis
siswa dengan perhitungan N-gain sebesar 0,48, berkategori sedang. Hasil tersebut
tidak lepas dari media pembelajaran momentum dan impuls berbasis sistem
operasi android yang digunakan dalam pembelajaran. Sehingga siswa lebih
semangat untuk belajar fisika melalui android yang mereka miliki. Selanjutnya
respon siswa didapatkan respon siswa sebesar 93,74%, menandakan bahwa respon
siswa sangat positif pada media pembelajaran momentum dan impuls berbasis
sistem operasi android. Hal tersebut dikarenakan media pembelajaran berbasis
android lebih memberikan kesan terhadap siswa karena didalamnya terdapat video
analisis yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
Berdasarkan hasil dari analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan yang
dapat diambil dari penelitian ini adalah: 1) media pembelajaran momentum dan
impuls yang dikembangkan valid melalui validasi ahli dan validasi pengguna, 2)
kemampuan berpikir kritis siswa madrasah aliyah berkategori sedang, dan 3)
respon siswa terhadap media pembelajaran momentum dan impuls berbasis sistem
operasi android sangat positif pada semua aspek yang dimunculkan. | en_US |