• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOMENTUM DAN IMPULS BERBASIS SISTEM OPERASI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MADRASAH ALIYAH

    Thumbnail
    View/Open
    M. Nur Hidayatullah 120210102007.pdf (4.151Mb)
    Date
    2018-03-26
    Author
    Hidayatullah, M. Nur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan desain penelitian model 4-D. Penelitian dilaksanakan di MAN Bondowoso pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik simple random sampling. Selanjutnya data validitas diperoleh dari hasil lembar validasi yang diisi oleh validator, kemudian data peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa madrasah aliyah, respon siswa diperoleh selama dan setelah pembelajaran. Berdasarkan hasil validasi Ahli diperoleh skor 86,97% dan pada validasi pengguna diperoleh skor sebesar 89,37%, sehingga didapat validasi rata-rata sebesar 88,17%. Hal tersebut menandakan bahwa media yang dikembangkan memiliki kriteria sangat valid. Hasil uji pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa dengan perhitungan N-gain sebesar 0,48, berkategori sedang. Hasil tersebut tidak lepas dari media pembelajaran momentum dan impuls berbasis sistem operasi android yang digunakan dalam pembelajaran. Sehingga siswa lebih semangat untuk belajar fisika melalui android yang mereka miliki. Selanjutnya respon siswa didapatkan respon siswa sebesar 93,74%, menandakan bahwa respon siswa sangat positif pada media pembelajaran momentum dan impuls berbasis sistem operasi android. Hal tersebut dikarenakan media pembelajaran berbasis android lebih memberikan kesan terhadap siswa karena didalamnya terdapat video analisis yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil dari analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah: 1) media pembelajaran momentum dan impuls yang dikembangkan valid melalui validasi ahli dan validasi pengguna, 2) kemampuan berpikir kritis siswa madrasah aliyah berkategori sedang, dan 3) respon siswa terhadap media pembelajaran momentum dan impuls berbasis sistem operasi android sangat positif pada semua aspek yang dimunculkan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84888
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository