dc.description.abstract | Proses pembelajaran fisika yang baik tidak terlepas dari munculnya aktivitas
guru dan aktivitas siswa. Pada proses pembelajaran di sekolah, kegiatan belajar
merupakan suatu aktivitas yang paling pokok dalam pembelajaran. Artinya, berhasil
tidaknya pencapaian tujuan pembelajaran banyak bergantung kepada bagaimana
proses belajar yang dialami oleh siswa sebagai peserta didik. Oleh karena itu, pada
proses pembelajaran fisika hendaknya siswa tidak hanya mendengarkan penjelasan
guru saja, tetapi siswa dituntut untuk membangun pengetahuan dalam diri siswa serta
berperan aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Faktanya, berdasarkan hasil
observasi yang telah dilakukan peneliti, aktivitas dan hasil belajar fisika siswa-siswi
Indonesia masih tergolong rendah. Salah satu penyebabnya adalah penyediaan bahan
ajar yang kurang sesuai dengan karakteristik fisika. Oleh karena itu perlu diadakan
pembenahan dengan menampilkan bahan ajar yang dapat membantu siswa mengenal
dan menganalisis peristiwa yang terjadi dialam sekitar dengan bantuan media foto.
Salah satu bahan ajar yang dapat digunakan dalam pembelajarn fisika adalah Paket
Sumber Belajar (PSB) dengan Analisis Foto Kejadian Fisika (AFKF) yang sudah
pernah diteliti sebelumnya. Oleh karena itu, dalam penelitian ini, peneliti melakukan
suatu penelitian eksperimen menggunakan PSB dengan AFKF pada materi yang
berbeda dari penelitian sebelumnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa,
peningkatan hasil belajar siswa, serta respon siswa terhadap PSB dengan AFKF. Jenis
penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan desain one group | en_US |