• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PEMBELAJARAN HUKUM NEWTON DENGAN MODEL QUANTUM TEACHING DISERTAI LKS BERBASIS DISCOVERY DI SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Kamila - 130210102050_.pdf (3.476Mb)
    Date
    2018-03-26
    Author
    KAMILA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pembelajaran hukum newton dengan media LKS berbasis discovery yang berpengaruh terhadap nilai kognitif hasil belajar siswa dan keterampilan proses sains siswa.emilihan sampel penelitian berdasarkan teknik purposive sampling. Penelitian dilaksanakan di SMAN Pakusari mulai dari tanggal 14 Agustus sampai 25 Agustus 2017. Jenis penelitain yang digunakan adalah jenis penelitian pra-ekspreimen dengan sampel satu kelas sebagai kelas perlakuan dengan menggunakan model quantum teaching. Desain penelitian yang digunakan adalah one grup pretest post-test desain. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil analisis nilai keterampilan proses sains siswa menggunakan rumus perhitungan presentase skor yang sering muncul bahwa rata-rata nilai keterampilan proses sains kelas eksperimen pada pertemuan satu, pertemuan dua dan pertemuan tiga sebesar 74,70% sesuai dengan tabel kategori keterampilan proses sains apabila nilai rata-rata keterampilan proses sains lebih dari 60% dan kurang dari 81 % maka kategori KPS siswa tergolong kategori baik. Hasil analisis data dengan uji paired sampel t-test menunjukkan bahwa rata-rata nilai pre-test adalah 34,4% dan nilai rata-rata post-test adalah 70,7% menunjukkan keputusan hipotesis bahwa hasil pengujian menggunakan uji Paired Samples T-Test dengan aplikasi SPSS 20 diperoleh hasil sig. (2-tailed) kognitif siswa sebesar 0,000. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah pengujian pihak kanan, sehingga nilai signifikansi dibagi 2 dan diperoleh sig. (1-tailed) sebesar 0,000. Nilai signifikansi tersebut kurang dari 0,05 sesuai dengan kriteria pengujian pada bab 3 bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, artinya nilai rata-rata posttest siswa lebih besar daripada nilai rata-rata pretest. Maka dapat disimpulkan keterampilan proses sains termasuk kedalam kategori baik, sehingga berpengaruh pula terhadap hasil belajar kognitif siswa yang terbukti dari meningkatnya skor rata-rata pre-test dan posttest.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84866
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository