dc.description.abstract | Tindakan pembelajaran diawali dengan menyiapkan gambar yang
digunakan dalam pembelajaran. Pembelajaran diawali dengan menyajikan gambar,
sehingga siswa dapat mengamati perbedaan yang ada pada media yang disajikan.
Kegiatan mengamati gambar dilanjutkan dengan mengerjakan LKK secara
berkelompok serta mempresentasikan pendapat masing-masing kelompok. Guru
akan memberikan penguatan pada jawaban dan mulai menjelasan materi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe Examples Non Examples pada pokok bahasan cara memelihara dan
melestarikan alam mengalami peningkatan. Secara klasikal persentase aktivitas
belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 13,72 dari 60.78 (cukup aktif) pada
siklus I menjadi 74,5 (aktif) pada siklus II. Skor rata-rata hasil belajar siswa siklus
I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 8,39 dari 72,11 (baik) pada siklus I
menjadi 80,5 (sangat baik) pada silus II.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe Examples Non Examples dapat meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar siswa kelas IIIB pokok bahasan cara memelihara dan melestarikan alam.
Saran bagi guru, sebaiknya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
examples non examples dapat digunakan sebagai pendekatan alternatif, khususnya
dalam pembelajaran IPA agar siswa dapat lebih aktif dalam pembelajaran. Bagi
sekolah, hasil penelitian ini dapat diinformasikan kepada guru-guru untuk dijadikan
model pembelajaran alternatif pada pemebelajaran IPA guna meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa. Bagi peneliti lain, penelitian ini dapat dijadikan
sebagai sumber rujukan untuk mengadakan penelitian sejenis dengan permasalahan
yang lain. | en_US |