• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS IIIB SDN PATRANG 01 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Achmad Fatkur Rozi - 130210204065_.pdf (2.973Mb)
    Date
    2018-03-21
    Author
    ROZI, Achmad Fatkur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tindakan pembelajaran diawali dengan menyiapkan gambar yang digunakan dalam pembelajaran. Pembelajaran diawali dengan menyajikan gambar, sehingga siswa dapat mengamati perbedaan yang ada pada media yang disajikan. Kegiatan mengamati gambar dilanjutkan dengan mengerjakan LKK secara berkelompok serta mempresentasikan pendapat masing-masing kelompok. Guru akan memberikan penguatan pada jawaban dan mulai menjelasan materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples pada pokok bahasan cara memelihara dan melestarikan alam mengalami peningkatan. Secara klasikal persentase aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 13,72 dari 60.78 (cukup aktif) pada siklus I menjadi 74,5 (aktif) pada siklus II. Skor rata-rata hasil belajar siswa siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 8,39 dari 72,11 (baik) pada siklus I menjadi 80,5 (sangat baik) pada silus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IIIB pokok bahasan cara memelihara dan melestarikan alam. Saran bagi guru, sebaiknya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples dapat digunakan sebagai pendekatan alternatif, khususnya dalam pembelajaran IPA agar siswa dapat lebih aktif dalam pembelajaran. Bagi sekolah, hasil penelitian ini dapat diinformasikan kepada guru-guru untuk dijadikan model pembelajaran alternatif pada pemebelajaran IPA guna meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Bagi peneliti lain, penelitian ini dapat dijadikan sebagai sumber rujukan untuk mengadakan penelitian sejenis dengan permasalahan yang lain.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84788
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15392]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository