Show simple item record

dc.contributor.authorHaris Alfan Syukri
dc.date.accessioned2013-12-12T04:35:26Z
dc.date.available2013-12-12T04:35:26Z
dc.date.issued2013-12-12
dc.identifier.nimNIM050210101038
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8473
dc.description.abstractCD Pembelajaran Interaktif merupakan salah satu jenis dari pengaplikasian komputer dalam pembelajaran yang dikemas dalam bentuk CD. Media ini dirancang khusus dengan menggunakan bermacam-macam software yang dipadukan dengan bentuk-bentuk media visual seperti video. Penggunaan CD pembelajran interaktif dalam kegiatan pembelajaran kiranya dapat digunakan sebagai salah satu solusi dalam memecahkan kesulitan mempelajari suatu materi. Dalam penelitian ini materi yang akan disajikan adalah pecahan untuk kelas V. Materi ini dipilih karena keluhan baik dari guru maupun siswa tentang kesulitan dalam mengajarkan dan mempelajari pecahan. Permasalahan yang hendak dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) mendesain CD Pembelajaran Interaktif untuk materi pecahan kelas V, (2) menguji kelayakan CD pembelajaran interaktif dengan meenggunakan angket yang berisi aspek dan kriteria penilaian media pembelajaran interaktif. Dalam mengembangkan CD interaktif, terdapat beberapa langkah atau rancangan penelitian diantaranya adalah analisis kebutuhan, pemilihan topik, penyusunan peta materi, penyusunan diagram alir media, pelaksanaan produksi, evaluasi, revisi, pengemasan dan penggunaan. Penelitian ini menggunakan dua metode untuk pengumpulan data yaitu metode dokumentasi dan metode angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan persentase yaitu dengan cara menjumlahkan masing-masing item kemudian membandingkan dengan jumlah maksimal sehingga diperoleh persentase. Setelah dilaksanakan tahap-tahap dalam prosedur kerja pembuatan CD pembelajaran interaktif, maka telah dihasilkan media pembelajaran berbasis multimedia dengan judul CD Pembelajaran Interaktif Gemar Matematika. CD interaktif yang dihasilkan mempunyai ukuran 6,7 Mb. CD pembelajaran interaktif viii yang dihasilkan merupakan tipe moduler, yaitu terdiri dari beberapa file diantaranya loading.swf, pembuka.swf, menu utama.swf dan master.exe. Dari hasil analisis uji kelayakan untuk aspek rekayasa perangkat lunak, aspek tampilan, aspek desain pembelajaran dan aspek komunikasi visual didapatkan persentase berturut-turut 80%, 79,46%, 80,68% dan 81,25%. Dengan demikian masing-masing aspek berada dalam kualifikasi “baik” dan sudah layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran. Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210101038;
dc.subjectDESAIN CD PEMBELAJARAN INTERAKTIF, ANIMASI KARTUNen_US
dc.titleDESAIN CD PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN ANIMASI KARTUN PADA MATERI PECAHAN KELAS V SEKOLAH DASARen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record