PENERAPAN ADMINISTRASl PERKANTORAN BIDANG KESEKRETARIATAN PADA BALAI PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR DI MOJOKERTO
Abstract
Dari hasil praktek Kerja Nyata yang telah dilaksanakan pada Balai Pengujian Kendaraan bermotor di Mojokerto dapat disimpulkan secara keseluruhan dan diberikan saran-saran yang diharapkan berguna sebagai pertimbangan didalan menetapkan atau menentukan kebljaksanaan / instansi / kantor khususnya mengenai pelaksanaan kegiatan kesekretariatan.
Adapun kesimpulan-kesimpulan yang dapat penulis uraikan adalah sebagai berikut:
1. Pada bagian umum Balai Pengujian Kendaraan Bermotor di Mojokerto dibagi menjadi beberapa urusan. Salah satunya adalah kegiatan kesekretariatan. Dalam kegiatan ini dibagi menjadi lima bagian penting, yaitu bagian ekspedisi bagian sirkulasi, bagian arsiparis, bagian pengetikan, dan bagian pengelolaan khususnya surat-surat terbatas atau rahasia. Kegiatan kesekretariatan pada balai Pengujian Kendaraan Bermotor di Mojokerto jika dibandingkan dengan teori yang ada tidaklah mutlak sama. Kenyataan ini dapat dimaklumi sebab pada umumnya setiap kegiatan atau aktifitas selalu disesuaikan dengan kondisi perusahaan atau instansi yang bersangkutan. Dalam pekerjaan kesekretariatan ditangani oleh bagian Tata Usaha yaitu Kepala Dinas Administrasi dan keuangan dibantu dengan beberapa tenaga pelaksana agar semua kegiatan Administrasi dapat berjalan lancar. Sedangkan dalam operasionalnya sistem kesekretariatan yang dipakai adalah sistem desentralisasi.
2. Kegiatan surat-menyurat atau korespondensi pada Balai Pengujian Kendaraan Bermotor di Mojokerto padat sekali. Hal ini terbukti dengan banyaknya surat-surat keluar-masuk baik ekstern maupun intern.
3. Sistem pengarsipan yang dipakai pada balai Pengujian Kendaraan Bermotor di Majokerto memakai sistem Alphabetic Filling.
4. Dalam pembuatan surat terlebih dahulu di konsep. Setelah dikoreksi baru diketik dalam kertas berkop dengan bentuk surat Fullblock Style atau bentuk lurus penuh.
Collections
- DP-Sectariat Economic [237]