Show simple item record

dc.contributor.authorUmamah, Nurul
dc.date.accessioned2018-01-15T02:08:46Z
dc.date.available2018-01-15T02:08:46Z
dc.date.issued2018-01-15
dc.identifier.isbn978-602-258-480-3
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/83960
dc.descriptionProsiding KAPITA SELEKTA (PENDIDIKAN) SEJARAH INDONESIA, Jilid 4, 2017en_US
dc.description.abstractPaper ini dilatarbelakangi keresahan penulis melihat kesiapan pendidikan untuk memfasilitasi kebutuhan belajar generasi milenial yang sering disebut Gen Y dan fenomena lahirnya generasi Z. Generasi Z memiliki karakteristik yang spesifik, antara lain digital natives, screensters, gamers, Zeds. Generasi yang cerdas teknologi (tech-savvy), terhubung (connected) dalam kehidupan global di planet bumi, generasi pengubah dunia, dan "mengikuti kata hati" (conscientious) (Kamdi, 2016). Hasil survey mengindikasikan Generasi Z sangat self directed, memiliki keinginan kuat untuk bekerja bagi diri sendiri, mempelajari kewirausahaan, dan merancang sendiri program studi yang mereka inginkan dipendidikan tinggi (Barnes & Noble College, 2014). Lebih tegas lagi AON (2017) menyebutkan generasi Z ingin membentuk journey mereka sendiri. Pada sisi lain, realita pendidikan terkini dikeluhkan oleh presiden Joko Widodo, bahwa Pendidikan di Indonesia monoton (28 Oktober 2017). Bagaimana pendidikan mampu menjawab tantangan jaman bila monoton? J.ebih spesifik lagi mengkaji tentang pembelajaran sejarah, yang identik dengan membelajarkan masa lalu yang bersifat einmalig, berbicara tentang masa lalu, dogma, doktrin, isi materinya jauh dari pembebasan/pemerdekaan. Sungguh, ajaran yang sangat bertentangan dengan kebutuhan dan karakteristik generasi Z. Perlu pemikiran yang mendalam untuk memecahkan masalah pendidikan bangsa, khususnya pembelajaran sejarah supaya tidak terjebak pada dogma-dogma, pesanan-pesanan yang akhirnya tidak terterima dengan baik oleh peserta didik, justru membuat ruang sekolah laiknya museum, pembelajaran bak dongeng pengantar tidur. Melalui studi literatur, dengan mengkaji penelitian-penelitian terkini, teori-teori dan praksis belajar/ pembelajaran, paperini mencoba menawarkan alternatif pemecahan masalah.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPembelajaran Sejarahen_US
dc.subjectDesain Pembelajaranen_US
dc.subjectGenerasi Zen_US
dc.titlePEMBELAJARAN SEJARAH KESIAPANNYA MENGHADAPI TANTANGAN ZAMANen_US
dc.typeProsidingen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record