dc.description.abstract | Masalah yang selama Inl terJadl dl kalangan para pembelajar adalah anggapan bahwa
bahasa aslng sebagal bahasa kedua hanya sebagal beban dan pelajaran yang dltakutl dan
membosankan. Masalah yangJugamel'€hambat para pembelajar bahasa aslng adalah rasa
takut untuk membuat kesalahan sehlngga menimbulkan rasa takut untuk berblcara dan
mengemukakan pendapatnya dengan bahasa aslng yang mereka pelajari. Era globalisasi
dan informasi ini juga telah menuntut perubahan paradlgma dari proses belajar mengajar
kepada proses pembelajaran. Untuk Itu perlu adanya metode yang dapat mengantlslpasi
masalatr-masalah tersebut. Tantangan Itu patut dijawab oleh para guru, dosen, dan
instruktur bahasa asing dengan memperbarui dan memperluas wawasan di bidang media,
didaktlk, dan metodik. Perubahan paradigma tersebut yang tadlnya berpusat pada dosen
menjadi berpusat pada mahasiswa yang diharapkan dapat mendorong mahasiswa untuk
terlibat secara aktlf dalam membangun pengetahuan, sikap, dan perilaku. Dengan metode
SCl berbasis media e·/earning dalam pembelajaran, mahasiswa dapat memperoleh
kesempatan dan fasilltas untuk membangun sendiri pengetahuannya sehingga mereka
akan memperoleh pemahaman yang mendalam dan pada akhimya dapat meningkatkan
mutu kualitas dirinya. Metode SCl berbasis e-leaming dalam pembelajaran juga blsa
menclptakan karakteristik tugas-tugas pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi,
rasa ingin tahu, kreativitas, dan berpikir tingkat tinggi serta dapat distimulasi melalui
tugas-tugas yang relevan dan autenbK yang memlliki tingkat kesulltan, dan kebaruan
bagi masing-masing mahasiswa sehingga rasa takut untuk berblcara dan mengemukakan
pendapat dengan sendirinya akan hllang. Dengan demikian, pembelajaran dengan
metode SCl berbasis e-Ieorning dapat memicu keaktlfan dan kreativitas mahaslswa dalam
pembelajaran bahasa asing. | en_US |