• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Conference Proceeding
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • LSP-Conference Proceeding
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Metode Student Centered Learning (SCL) dalam Pembelajaran Bahasa Asing dengan Media Berbasis E-Learning: Upaya Meningkatkan Peran Aktif dan Kreativitas Mahasiswa

    No Thumbnail [100%x80]
    View/Open
    F. IB_Prosiding_Akhmad Haryono_Metode Students Centered Learning (SCL)_2.pdf (1.145Mb)
    Date
    2017-12-27
    Author
    Haryono, Akhmad
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Masalah yang selama Inl terJadl dl kalangan para pembelajar adalah anggapan bahwa bahasa aslng sebagal bahasa kedua hanya sebagal beban dan pelajaran yang dltakutl dan membosankan. Masalah yangJugamel'€hambat para pembelajar bahasa aslng adalah rasa takut untuk membuat kesalahan sehlngga menimbulkan rasa takut untuk berblcara dan mengemukakan pendapatnya dengan bahasa aslng yang mereka pelajari. Era globalisasi dan informasi ini juga telah menuntut perubahan paradlgma dari proses belajar mengajar kepada proses pembelajaran. Untuk Itu perlu adanya metode yang dapat mengantlslpasi masalatr-masalah tersebut. Tantangan Itu patut dijawab oleh para guru, dosen, dan instruktur bahasa asing dengan memperbarui dan memperluas wawasan di bidang media, didaktlk, dan metodik. Perubahan paradigma tersebut yang tadlnya berpusat pada dosen menjadi berpusat pada mahasiswa yang diharapkan dapat mendorong mahasiswa untuk terlibat secara aktlf dalam membangun pengetahuan, sikap, dan perilaku. Dengan metode SCl berbasis media e·/earning dalam pembelajaran, mahasiswa dapat memperoleh kesempatan dan fasilltas untuk membangun sendiri pengetahuannya sehingga mereka akan memperoleh pemahaman yang mendalam dan pada akhimya dapat meningkatkan mutu kualitas dirinya. Metode SCl berbasis e-leaming dalam pembelajaran juga blsa menclptakan karakteristik tugas-tugas pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi, rasa ingin tahu, kreativitas, dan berpikir tingkat tinggi serta dapat distimulasi melalui tugas-tugas yang relevan dan autenbK yang memlliki tingkat kesulltan, dan kebaruan bagi masing-masing mahasiswa sehingga rasa takut untuk berblcara dan mengemukakan pendapat dengan sendirinya akan hllang. Dengan demikian, pembelajaran dengan metode SCl berbasis e-Ieorning dapat memicu keaktlfan dan kreativitas mahaslswa dalam pembelajaran bahasa asing.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/83757
    Collections
    • LSP-Conference Proceeding [1877]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    NoThumbnail