• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENJUMLAHAN PECAHAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK

    Thumbnail
    View/Open
    Yeni Septiana - 130210204015.pdf sdh.pdf (1.876Mb)
    Date
    2017-12-05
    Author
    Septiana, Yeni
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran di SD terdiri dari beberapa mata pelajaran, salah satu dari mata pelajaran tersebut matematika merupakan mata pelajaran yang penting dan wajib dikuasai siswa. Matematika sangat erat hubungannya dengan kehidupan sehari-hari dari hal yang sederhana sampai ke yang rumit. Berdasarkan hasil observasi yang dilaksanakan di SDN Plalangan 02 Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember dapat diketahui bahwa guru cenderung menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan, sehingga siswa cenderung kurang aktif dalam pembelajaran. Selain observasi, di hari yang sama juga dilakukan wawancara kepada guru kelas IV. Kendala yang dihadapi dalam pembelajaran matematika yaitu sulitnya siswa dalam menghafal perkalian dan pembagian. Siswa juga kurang percaya diri saat disuruh untuk presentasi ke depan kelas. Permasalahan-permasalahan inilah yang menyebabkan hasil belajar siswa relatif rendah. Hasil belajar matematika yang didapat pada saat ulangan semester I yaitu dengan rata-rata sebesar 58,5. Hal ini menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang belum dapat mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 67. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: a) bagaimanakah peningkatan aktivitas siswa siswa pada materi penjumlahan pecahan menggunakan Pendekatan Matematika Realistik; b) bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan pecahan menggunakan Pendekatan Matematika Realistik. Tujuan penelitian ini yaitu: a) untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa siswa pada materi penjumlahan pecahan menggunakan Pendekatan Matematika Realistik; b) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan pecahan menggunakan Pendekatan Matematika Realistik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/83545
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository