Show simple item record

dc.contributor.advisorSetiawani, Susi
dc.contributor.advisorOktavianingtyas, Ervin
dc.contributor.authorNi’mah, Anis Fitriatum
dc.date.accessioned2017-11-16T01:38:23Z
dc.date.available2017-11-16T01:38:23Z
dc.date.issued2017-11-16
dc.identifier.nim120210101111
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/83256
dc.description.abstractMateri dalam matematika saling berhubungan satu sama lainnya. Oleh karena itu untuk memecahkan masalah dalam matematika sangat dibutuhkan kemampuan koneksi antara materi satu dengan materi lainnya. Coxford mengatakan kemampuan koneksi matematika adalah kemampuan menghubungkan pengetahuan konseptual dan prosedural, kemampuan dalam mengaitkan antar konsep dalam matematika, menggunakan matematika dalam kehidupan sehari-hari, mengetahui hubungan antar topik dalam matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan koneksi matematika siswa kelas IX A MTs Negeri 1 Jember. Penelitian ini menggunakan beberapa instrumen, yakni peneliti, tes kemampuan koneksi matematika subpokok bahasan kubus dan balok, dan pedoman wawancara. Hasil validasi instrumen yakni tes kemampuan koneksi matematika dan pedoman wawancara baik dari segi isi, konstruksi maupun bahasa dan aspek pedoman wawancara berturut-turut adalah 2,75 dan 2,67. Artinya keseluruhan data dapat dikatakan valid. Pada penelitian ini dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dari siswa kelas IX A, tentang bagaimana kemampuan koneksi matematika siswa dengan indikator menuliskan konsep matematika yang mendasari jawaban, menuliskan hubungan antara konsep dan objek matematika, memahami masalah kehidupan sehari-hari dalam model matematika. Data yang dianalisis adalah data hasil tes kemampuan koneksi matematika dan hasil wawancara mendalam terhadap jawaban siswa. Pelaksanaan pengumpulan data dimulai pada tanggal 27 September 2016 sampai tanggal 1 Oktober 2016. Subjek dalam penelitian ini adalah 5 siswa kelas IX A MTs Negeri 1 Jember yang terdiri dari 2 siswa memiliki kriteria kemampuan koneksi matematika tinggi, 2 siswa memiliki kriteria kemampuan koneksi matematika sedang, dan 1 siswa memiliki kriteria kemampuan koneksi matematika rendah. Pengambilan 5 subjek penelitian karena sudah memenuhi hasil dalam penelitian. Selanjutnya wawancara mendalam terhadap kelima subjek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di kelas IX A MTs Negeri 1 Jember bahwa tingkat kemampuan koneksi matematika siswa dari 26 siswa diperoleh 7 siswa memiliki kemampuan koneksi tinggi, 18 siswa memiliki kemampuan koneksi metematika sedang, dan 1 siswa memiliki kemampuan koneksi rendah. Sebagian besar kemampuan koneksi matematika siswa masih tergolong sedang. Siswa yang memiliki kemampuan koneksi matematika tinggi dalam menyelesaikan soal kubus dan balok sangat baik dan memenuhi 3 indikator kemampuan koneksi matematika. Siswa dapat menuliskan konsep yang mendasari jawaban dengan baik, menuliskan hubungan antara konsep matematika dengan objek dengan baik, dan memahami masalah kehidupan sehari-hari dalam bentuk model matematika dengan baik sesuai dengan indikator kemampuan koneksi matematika. Siswa yang memiliki kemampuan koneksi matematika sedang dalam menyelesaikan soal kubus dan balok cukup baik dan memenuhi 2 indikator kemampuan koneksi matematika. Siswa dapat menuliskan konsep yang mendasari jawaban dengan baik, dan dapat memahami masalah kehidupan sehari-hari dalam bentuk model matematika dengan baik, tetapi tidak dapat menuliskan hubungan antara konsep matematika dengan objek dengan baik. Siswa yang memiliki kemampuan koneksi matematika rendah dalam menyelesaikan soal kubus dan balok kurang baik dan tidak memenuhi 3 indikator kemampuan koneksi matematika. Siswa tidak dapat menuliskan konsep yang mendasari jawaban dengan baik, tidak dapat menuliskan hubungan antara konsep matematika dengan objek dengan baik, dan tidak memahami masalah kehidupan sehari-hari dalam bentuk model matematika dengan baik. Indikator kemampuan koneksi matematika paling tidak memenuhi yaitu menuliskan hubungan antara konsep matematika dengan objek.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectKEMAMPUAN KONEKSIen_US
dc.subjectMATEMATIKAen_US
dc.subjectKUBUS DAN BALOKen_US
dc.titleANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA KELAS IX A MTs NEGERI 1 JEMBER SUBPOKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOKen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record