• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA KELAS IX A MTs NEGERI 1 JEMBER SUBPOKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK

    Thumbnail
    View/Open
    Anis Fitriatum Ni’mah - 120210101111_1.pdf (3.037Mb)
    Date
    2017-11-16
    Author
    Ni’mah, Anis Fitriatum
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Materi dalam matematika saling berhubungan satu sama lainnya. Oleh karena itu untuk memecahkan masalah dalam matematika sangat dibutuhkan kemampuan koneksi antara materi satu dengan materi lainnya. Coxford mengatakan kemampuan koneksi matematika adalah kemampuan menghubungkan pengetahuan konseptual dan prosedural, kemampuan dalam mengaitkan antar konsep dalam matematika, menggunakan matematika dalam kehidupan sehari-hari, mengetahui hubungan antar topik dalam matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan koneksi matematika siswa kelas IX A MTs Negeri 1 Jember. Penelitian ini menggunakan beberapa instrumen, yakni peneliti, tes kemampuan koneksi matematika subpokok bahasan kubus dan balok, dan pedoman wawancara. Hasil validasi instrumen yakni tes kemampuan koneksi matematika dan pedoman wawancara baik dari segi isi, konstruksi maupun bahasa dan aspek pedoman wawancara berturut-turut adalah 2,75 dan 2,67. Artinya keseluruhan data dapat dikatakan valid. Pada penelitian ini dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dari siswa kelas IX A, tentang bagaimana kemampuan koneksi matematika siswa dengan indikator menuliskan konsep matematika yang mendasari jawaban, menuliskan hubungan antara konsep dan objek matematika, memahami masalah kehidupan sehari-hari dalam model matematika. Data yang dianalisis adalah data hasil tes kemampuan koneksi matematika dan hasil wawancara mendalam terhadap jawaban siswa. Pelaksanaan pengumpulan data dimulai pada tanggal 27 September 2016 sampai tanggal 1 Oktober 2016. Subjek dalam penelitian ini adalah 5 siswa kelas IX A MTs Negeri 1 Jember yang terdiri dari 2 siswa memiliki kriteria kemampuan koneksi matematika tinggi, 2 siswa memiliki kriteria kemampuan koneksi matematika sedang, dan 1 siswa memiliki kriteria kemampuan koneksi matematika rendah. Pengambilan 5 subjek penelitian karena sudah memenuhi hasil dalam penelitian. Selanjutnya wawancara mendalam terhadap kelima subjek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di kelas IX A MTs Negeri 1 Jember bahwa tingkat kemampuan koneksi matematika siswa dari 26 siswa diperoleh 7 siswa memiliki kemampuan koneksi tinggi, 18 siswa memiliki kemampuan koneksi metematika sedang, dan 1 siswa memiliki kemampuan koneksi rendah. Sebagian besar kemampuan koneksi matematika siswa masih tergolong sedang. Siswa yang memiliki kemampuan koneksi matematika tinggi dalam menyelesaikan soal kubus dan balok sangat baik dan memenuhi 3 indikator kemampuan koneksi matematika. Siswa dapat menuliskan konsep yang mendasari jawaban dengan baik, menuliskan hubungan antara konsep matematika dengan objek dengan baik, dan memahami masalah kehidupan sehari-hari dalam bentuk model matematika dengan baik sesuai dengan indikator kemampuan koneksi matematika. Siswa yang memiliki kemampuan koneksi matematika sedang dalam menyelesaikan soal kubus dan balok cukup baik dan memenuhi 2 indikator kemampuan koneksi matematika. Siswa dapat menuliskan konsep yang mendasari jawaban dengan baik, dan dapat memahami masalah kehidupan sehari-hari dalam bentuk model matematika dengan baik, tetapi tidak dapat menuliskan hubungan antara konsep matematika dengan objek dengan baik. Siswa yang memiliki kemampuan koneksi matematika rendah dalam menyelesaikan soal kubus dan balok kurang baik dan tidak memenuhi 3 indikator kemampuan koneksi matematika. Siswa tidak dapat menuliskan konsep yang mendasari jawaban dengan baik, tidak dapat menuliskan hubungan antara konsep matematika dengan objek dengan baik, dan tidak memahami masalah kehidupan sehari-hari dalam bentuk model matematika dengan baik. Indikator kemampuan koneksi matematika paling tidak memenuhi yaitu menuliskan hubungan antara konsep matematika dengan objek.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/83256
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15276]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository