• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Berdasarkan Tingkat Berpikir Van Hiele Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Segiempat

    Thumbnail
    View/Open
    Umi Latifah Mukharomah_1.pdf (5.878Mb)
    Date
    2017-11-06
    Author
    Mukharomah, Umi Latifah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kemampuan berpikir kreatif adalah kemampuan untuk menghasilkan ide atau cara baru dalam menghasilkan suatu produk. Berpikir kreatif adalah proses kontruksi ide yang menekankan pada aspek kelancaran, keluwesan, kebaruan, dan keterincian. Kemampuan berpikir kreatif ini sangat dibutuhkan dalam menyelesaikan soal matematika seperti halnya materi geometri. Geometri merupakan ilmu yang paling banyak menyentuh hampir semua aspek kehidupan kita. Banyak benda di sekitar kita yang menyerupai bentuk bangun geometri yang dapat kita dijumpai. Berdasarkan teori van Hiele, seseorang akan melalui lima tahap perkembangan berpikir dalam belajar geometri, yakni tahap 0 (visualisasi), tahap 1 (analisis), tahap 2 (deduksi informal), tahap 3 (deduksi), tahap 4 (rigor). Setiap tahap dalam teori van Hiele, menunjukkan karakteristik proses berpikir siswa dalam belajar geometri dan pemahamannya dalam konteks geometri. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui tingkat berpikir kreatif siswa berdasarkan tingkat berpikir van Hiele pada materi bangun datar segiempat khususnya bangun persegi, persegi panjang, dan trapesium. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 10 Jember. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes kemampuan berpikir dalam geometri, soal tes kemampuan berpikir kreatif, dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil analisis dan data validasi instrumen didapatkan bahwa soal tes kemampuan berpikir kreatif dan pedoman wawancara dinyatakan valid. Instrumen yang telah divalidasi, direvisi sesuai dengan saran yang diberikan oleh validator. Metode pengumpulan data pada penelitian ini didapat melalui soal tes kemampuan berpikir dalam geometri, soal tes kemampuan berpikir kreatif, dan wawancara. Data yang dianalisis adalah hasil jawaban siswa dan hasil wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan hasil tes pertama jumlah siswa yang berada pada tingkat pravisualisasi sebanyak 10 siswa, jumlah siswa yang berada pada tingkat 0 sebanyak 10 siswa, jumlah siswa yang berada pada tingkat antara 0-1 sebanyak 4 siswa, jumlah siswa yang berada pada tingkat 1 sebanyak 4 siswa, jumlah siswa yang berada pada tingkat antara 1-2 sebanyak 5 siswa, dan siswa yang berada pada tingkat 2 sebanyak 2 siswa. Pengambilan sampel subjek berjumlah 6 siswa yang terdiri dari 2 siswa pada tingkat 0, 2 siswa pada tingkat 1, dan 2 siswa pada tingkat 2 sesuai saran dari guru matematika. Kemudian dari keenam siswa tersebut diberikan tes kedua serta wawancara untuk melihat keampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal. Berdasarkan hasil tes kedua dan wawancara yang telah dilakukan kemampuan berpikir kreatif siswa pada tingkat 0 sama dengan siswa yang berada pada tingkat 1 yaitu kurang kreatif. Siswa tersebut mampu menunjukkan satu aspek berpikir kreatif. Skor rata-rata yang didapatkan berbeda-beda. Kemampuan berpikir kreatif siswa pada tingkat 2 berbeda yaitu kreatif dimana dia mampu menunjukkan tiga aspek berpikir kreatif dan cukup kreatif dimana dia mampu menunjukkan dua aspek berpikir kreatif. Hal tersebut disebabkan karena pengalaman siswa yang berbeda-beda dalma menyelesaikan soal.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/83039
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15324]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository