dc.description.abstract | B
erdasarkan observasi pendahuluan dan wawancara dengan guru kelas V
SDN Tamanan 3 Bondowoso
diketahui bahwa aktivitas belajar siswa dalam
pembelajaran
IPS masih rendah. Aktivitas belajar siswa dikatakan kurang aktif karena
interaksi
siswa dengan guru, interaksi siswa dengan siswa, dan interaksi siswa dengan
sumber belajar atau media pembelajaran masih rendah, sedangkan hasil belajar siswa
dikatakan masih rendah
karena hasil belajar siswa masih dibawah KKM.
Permasalahan yang di kaji d
alam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan
aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Tamanan 3 Bondowoso setelah
pembelajaran IPS menggunakan penerapan model pembelajaran
picture and picture.
Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan
penerapan
model pembelajaran picture and picture, meningkatkan persentase
aktivitas dan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran picture and
picture.
Aktivitas dan hasil belajar siswa dapat ditingkatkan jika digunakan model
pembelajaran yang tepat.
Model pembelajaran yang digunakan yaitu dengan
penerapan
model pembelajaran picture and picture. Penerapan penerapan model
pembelajaran
picture and picture diterapkan pada pembelajaran IPS agar siswa dapat
memperoleh pemahaman secara langsung dalam proses belajar mengajar sehingga
dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, menumbuhkan kerjasama serta
sikap berpikir kritis pada diri siswa, dan mencip
takan suasana yang menyenangkan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Tamanan 3 Bondowoso yang berjumlah 22
siswa
. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara,
observasi, tes, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V
SDN Tamanan 3 Bondowoso
melalui penerapan model pembelajaran picture and
picture
mengalami peningkatan. Berdasarkan analisis terhadap aktivitas siswa,
diketahui
bahwa pada siklus I persentase aktivitas klasikal mencapai 77,2% dengan
aktif, sedangkan pada siklus II persentase aktivitas klasikal mencapai 81,8% dalam
kategori sangat aktif
. Persentase hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 68% dengan
rata
-rata nilai 72,5 sedangkan pada siklus II persentase hasil belajar siswa sebesar
82% dengan rata-rata nilai 77,2.
Berdasarkan hasil dari analisis data penelitian dapat diperoleh kesimpulan
bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Tamanan 3 Kecamatan
Tamanan
Kabupaten Bondowoso tahun pelajaran 2011-2012 dengan penerapan
model pembelajaran picture and picture mengalami peningkatan.
Saran peneliti
untuk guru berdasarkan hasil penelitian ini yaitu model
pembelajaran picture and picture dapat dijadikan sebagai alternatif sebagai upaya
dalam peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. | en_US |