Show simple item record

dc.contributor.authorQOMARIA IMANISANTI
dc.date.accessioned2013-12-12T00:55:24Z
dc.date.available2013-12-12T00:55:24Z
dc.date.issued2013-12-12
dc.identifier.nimNIM090210204200
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8282
dc.description.abstractPembelajaran IPA pada umumnya hanya berpusat pada guru, guru selalu menggunakan metode ceramah dalam menjelaskan materi dan guru kurang mengembangkan media pembelajaran sehingga siswa pasif dan kurang memahami materi. Berdasarkan hasil observasi di kelas III yang terdiri dari 30 siswa terdapat 16 siswa atau 53% yang mendapat nilai dibawah tandar ketuntasan minimal yang ditetapkan sekolah yaitu < 60. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA pokok bahasan perubahan sifat benda melalui penerapan model cooperative learning dengan teknik make a match pada siswa kelas III SDN Suger Kidul 01 Jelbuk Tahun Pelajaran 2011-2012 dan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pokok bahasan perubahan sifat benda melalui penerapan model cooperative learning dengan teknik make a match pada siswa kelas III SDN Suger Kidul 01 Jelbuk Tahun Pelajaran 2011-2012, vii Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan. Pada siklus I, aktivitas belajar siswa secara klasikal mencapai 65,4% sehingga siswa tergolong aktif dalam pembelajaran. Hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 76,7%. Pada siklus II, aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 11% dibandingkan dengan siklus I dari 65,4% menjadi 76,6%. Hasil belajar siswa pada siklus II juga mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan siklus I sebesar 16,6% dari 76,7% menjadi 93,3%. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa siswa dapat aktif dalam pembelajaran IPA dan memperoleh nilai yang baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran cooperative learning dengan teknik make a match, siswa dapat aktif dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran IPA di sekolah. Saran peneliti, model pembelajaran cooperative learning dengan teknik make a match dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran IPA sebagai upaya dalam peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204200;
dc.subjectMODEL COOPERATIVE LEARNING, TEKNIK MAKE A MATCHen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN PERUBAHAN SIFAT BENDA MELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DENGAN TEKNIK MAKE A MATCH PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DENGAN TEKNIK MAKE A MATCH PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DENGAN TEKNIK MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS III SDN SUGER KIDUL 01 JELBUK TAHUN PELAJARAN 2011/2012 PADA SISWA KELAS III SDN SUGER KIDUL 01 JELBUK TAHUN PELAJARAN 2011/2012 PADA SISWA KELAS III SDN SUGER KIDUL 01 JELBUK TAHUN PELAJARAN 2011/201en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record