• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN PERUBAHAN SIFAT BENDA MELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DENGAN TEKNIK MAKE A MATCH PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DENGAN TEKNIK MAKE A MATCH PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DENGAN TEKNIK MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS III SDN SUGER KIDUL 01 JELBUK TAHUN PELAJARAN 2011/2012 PADA SISWA KELAS III SDN SUGER KIDUL 01 JELBUK TAHUN PELAJARAN 2011/2012 PADA SISWA KELAS III SDN SUGER KIDUL 01 JELBUK TAHUN PELAJARAN 2011/201

    Thumbnail
    View/Open
    Qomaria Imanisanti_1.pdf (500.3Kb)
    Date
    2013-12-12
    Author
    QOMARIA IMANISANTI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran IPA pada umumnya hanya berpusat pada guru, guru selalu menggunakan metode ceramah dalam menjelaskan materi dan guru kurang mengembangkan media pembelajaran sehingga siswa pasif dan kurang memahami materi. Berdasarkan hasil observasi di kelas III yang terdiri dari 30 siswa terdapat 16 siswa atau 53% yang mendapat nilai dibawah tandar ketuntasan minimal yang ditetapkan sekolah yaitu < 60. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA pokok bahasan perubahan sifat benda melalui penerapan model cooperative learning dengan teknik make a match pada siswa kelas III SDN Suger Kidul 01 Jelbuk Tahun Pelajaran 2011-2012 dan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pokok bahasan perubahan sifat benda melalui penerapan model cooperative learning dengan teknik make a match pada siswa kelas III SDN Suger Kidul 01 Jelbuk Tahun Pelajaran 2011-2012, vii Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan. Pada siklus I, aktivitas belajar siswa secara klasikal mencapai 65,4% sehingga siswa tergolong aktif dalam pembelajaran. Hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 76,7%. Pada siklus II, aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 11% dibandingkan dengan siklus I dari 65,4% menjadi 76,6%. Hasil belajar siswa pada siklus II juga mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan siklus I sebesar 16,6% dari 76,7% menjadi 93,3%. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa siswa dapat aktif dalam pembelajaran IPA dan memperoleh nilai yang baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran cooperative learning dengan teknik make a match, siswa dapat aktif dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran IPA di sekolah. Saran peneliti, model pembelajaran cooperative learning dengan teknik make a match dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran IPA sebagai upaya dalam peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8282
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15272]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository