• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN KERJASAMA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF GUIDED NOTE TAKING DI SDN TANAH WULAN 02 BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2011 – 2012

    Thumbnail
    View/Open
    Nurul Laily_1.pdf (242.8Kb)
    Date
    2013-12-12
    Author
    NURUL LAILY
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang ada di SD. IPS memiliki kajian yang sangat kompleks. Beberapa objek kajiannya dapat menyebabkan siswa kesulitan dalam memahami materi tersebut. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa kelas III B SDN Tanah Wulan 02 Kec Maesan Kab Bondowoso yang masih rendah. SKM yang berlaku menetapkan siswa dapat dikatakan tuntas secara individu apabila telah mendapatkan nilai ≥ 60. Berdasarkan informasi yang diberikan oleh guru kelas III B SDN Tanah Wulan 02 Kec Maesan Kab Bondowoso adanya permasalahan pada bidang mata pelajaran IPS yang dihadapi oleh siswa kelas III B. hal ini disebabkan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran IPS. Selain itu sistem pengajaran guru yang masih menggunakan metode ceramah, sehingga mengakibatkan siswa kurang antusias dan sulit mengingat materi yang diajarkan. Hal ini menyebabkan rendahnya nilai siswa sehingga banyak siswa yang belum tuntas. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka perlu adanya perbaikan dalam proses belajar mengajar, salah satunya dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif guided note taking. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah sama melalui strategi pembelajaran aktif guided note taking di SDN Tanah Wulan 2 Bondowoso Tahun Pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi guided note taking dilaksanakan dengan lancar. Pada siklus I aktivitas siswa secara klasikal mencapai 66,1%, ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal 60% siswa yang tuntas 9 orang. Siswa yang tidak tuntas 6 orang Pada siklus I aktivitas siswa mencapai 66,1 % dan siklus II mencapai 80,6% dengan kategori aktivitas sangat baik. peningkatan persentase hasil belajar siswa mengalami peningkatan terlihat pada sebelum tindakan hasil belajar siswa adalah 20% hanya 3 siswa tuntas dan tidak tuntas 12 siswa, siklus I adalah 60% dengan 9 siswa tuntas dan 6 siswa tidak tuntas. Pada siklus II adalah 93% dengan 14 siswa tuntas dan 1 siswa tidak tuntas. Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan, peneliti memberi saran kepada lembaga, peneliti, dan guru bahwa strategi guided note taking dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pembelajaran karena dapat membantu siswa untuk aktif, senang dan dapat digunakan dalam mata pelajaran yang lain misalnya pada mata pelajaran IPA. Serta tidak semua materi pembelajaran IPS dapat menggunakan strategi guided note taking.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8280
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository