Show simple item record

dc.contributor.authorNunin Rimba Herayanto
dc.date.accessioned2013-12-12T00:42:53Z
dc.date.available2013-12-12T00:42:53Z
dc.date.issued2013-12-12
dc.identifier.nimNIM080210204263
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8279
dc.description.abstractMembaca memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Melalui membaca seseorang individu menjadi tahu tentang apa-apa yang belum diketahuinya. Membaca akan mampu memperluas wawasan pengetahuan dan cakrawala tentang informasi-informasi yang dapat merubah taraf hidup manusia. Oleh karena itu, membaca menjadi suatu kebutuhan yang sangat vital jika tidak ingin tertinggal dengan pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Permasalahan yang muncul di SDN 06 Tembokrejo Muncar Banyuwangi yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang disebabkan oleh beberapa faktor antara lain: (1) Proses pembelajaran membaca pemahaman berlangsung dalam suasana yang konvensional, monoton dan kurang ada usaha inovasi, (2) Teknik pembelajarannya selalu mengacu pada apa yang ada pada buku paket, (3) Metode yang digunakan guru masih menggunakan ceramah dan pemberian tugas, (4) Siswa kurang bisa memahami makna yang terkandung dalam wacana, sehingga siswa seringkali mengalami berbagai kesalahan dalam menyelesaikan soal bahasa Indonesia. Salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia yaitu dengan menerapkan teknik klos dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Teknik klos menjelaskan kecenderungan orang untuk menyempurnakan suatu pola yang tidak lengkap. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah proses penerapan teknik klos yang dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 06 Tembokrejo Muncar Banyuwangi?, (2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa pada materi pembelajaran membaca pemahaman setelah digunakan teknik klos pada siswa kelas IV SDN 06 Tembokrejo Muncar Banyuwangi? Tujuan penelitian ini adalah: (1) meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dengan menggunakan teknik klos pada siswa kelas IV SDN 06 Tembokrejo Muncar Banyuwangi, (2) meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan teknik klos pada siswa kelas IV SDN 06 Tembokrejo Muncar Banyuwangi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 06 Tembokrejo Muncar Banyuwangi Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa sebanyak 39 siswa yang terdiri dari 19 orang siswa laki-laki dan 20 orang siswa perempuan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, data yang dianalisis adalah aktivitas dan hasil belajar siswa selama pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian adalah sebagai berikut : (1) penerapan teknik klos dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 06 Tembokrejo Muncar Banyuwangi, hal ini dapat dilihat pada ketuntasan klasikal sebelum tindakan dan pelaksanaan siklus. Sebelum tindakan ketuntasan klasikal sebesar 41%, siklus I sebesar 53,8%, siklus II sebesar 89,8%. Saran-saran yang dapat diberikan adalah : (1) siswa diharapkan harus lebih aktif dalam kegiatan belajar membaca, (2) setelah penelitian ini, guru kelas diharapkan mampu menerapkan teknik klos dalam menemukan kalimat utama di setiap paragraph pada sebuah teks bacaan, (3) bagi lembaga pendidikan atau sekolah yang terkait, diharapkan dapat memberikan kesempatan bagi guru kelas lain di SDN 06 Tembokrejo Muncar Banyuwangi hendaknya dapat menerapkan teknik klos dalam menemukan kalimat utama pada sebuah teks bacaan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204263;
dc.subjectKEMAMPUAN MEMBACA, TEKNIK KLOSen_US
dc.titlePENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN TEKNIK KLOS PADA SISWA KELAS IV SDN 06 TEMBOKREJO MUNCAR BANYUWANGIen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record