Show simple item record

dc.contributor.authorM. Miftahus Surur
dc.date.accessioned2013-12-12T00:27:53Z
dc.date.available2013-12-12T00:27:53Z
dc.date.issued2013-12-12
dc.identifier.nimNIM090210204138
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8275
dc.description.abstractSalah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan peran siswa dalam pembelajaran adalah melalui metode pembelajaran yang melibatkan aktivitas siswa. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SDN Tempurejo 04 diketahui bahwa aktivitas siswa dan hasil belajar siswa masih dalam kategori rendah, penyebab rendahnya hasil belajar adalah : (1) pembelajaran masih bersifat klasikal dan konvensional (ceramah dan tanya jawab); (2) penggunaan metode pembelajaran yang kurang efektif; dan (3) penggunaan media pembelajaran yang kurang efektif. Model Penemuan (Discovery) adalah model mengajar dimana siswa melakukan penemuan dengan konsep-konsep atau prinsip-prisip untuk memecahkan permasalahan yang ada. Dalam penemuan peranan guru sangatlah penting, oleh karena itu guru harus membantu dan memberikan arahan untuk memperoleh kemudahan bagi siswa dalam menyampaikan ide, konsep, dan ketrampilan yang sudah dipelajari untuk menemukan pengetahuan yang baru. Penerapan metode ini dalam pembelajaran disertai dengan media benda konkrit, karena dengan disertai benda nyata siswa akan lebih mudah dalam melakukan penemuan. Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPA pokok bahasan energi panas dan energi bunyi melalui Model Penemuan (discovery) di SD Negeri Tempurejo 04 Jember Tahun Pelajaran 2011/2012? (2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPA pokok bahasan energi panas dan energi bunyi melalui Model Penemuan (discovery) di SD Negeri Tempurejo 04 Jember Tahun Pelajaran 2011/2012? Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk meningkatkan aktifitas belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPA pokok bahasan energi panas dan energi bunyi melalui Model Penemuan (discovery) di SD Negeri Tempurejo 04 Jember Tahun Pelajaran 2011/2012; (2) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPA pokok bahasan energi panas dan energi bunyi melalui Model Penemuan (discovery) di SD Negeri Tempurejo 04 Jember Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Tempurejo 04 Jember. Penelitian dilakukan di kelas IV dengan jumlah siswa 30 siswa. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian memperoleh bahwa aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2. Pada siklus 1 peningkatan aktivitas siswa sebesar 78,44% dan dalam kategori aktif dan pada siklus 2 mengalami peningkatan sebesar menjadi 80,83% sehingga dapat dikategorikan sangat aktif. Hasil penelitian untuk hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu pada siklus 1 persentase ketuntasan sebesar 80%. Pada siklus 2 persentase ketuntasan sebesar 90% dan dapat dikatakan tuntas secara klasikal. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah terjadinya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri Tempurejo 04 Jember tahun pelajaran 2011/2012. Saran dari peneliti melalui metode ini siswa diharapkan dapat lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran, sebagai bahan masukan untuk guru dalam melaksanakan pembelajaran khususnya dalam menggunakan metode yang lebih bervariasi sehingga pembelajaran dapat optimal dan aktivitas siswa dan hasil belajar dapat meningkat.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204138;
dc.subjectPOKOK BAHASAN ENERGI PANAS , MODEL PENEMUAN (DISCOVERY)en_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN ENERGI PANAS DAN ENERGI BUNYI MELALUI MODEL PENEMUAN (DISCOVERY) DI SD NEGERI TEMPUREJO 04 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record