dc.description.abstract | Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan peran siswa
dalam pembelajaran adalah melalui metode pembelajaran yang melibatkan aktivitas
siswa. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SDN Tempurejo 04 diketahui
bahwa aktivitas siswa dan hasil belajar siswa masih dalam kategori rendah, penyebab
rendahnya hasil belajar adalah : (1) pembelajaran masih bersifat klasikal dan
konvensional (ceramah dan tanya jawab); (2) penggunaan metode pembelajaran yang
kurang efektif; dan (3) penggunaan media pembelajaran yang kurang efektif. Model
Penemuan (Discovery) adalah model mengajar dimana siswa melakukan penemuan
dengan konsep-konsep atau prinsip-prisip untuk memecahkan permasalahan yang
ada. Dalam penemuan peranan guru sangatlah penting, oleh karena itu guru harus
membantu dan memberikan arahan untuk memperoleh kemudahan bagi siswa dalam
menyampaikan ide, konsep, dan ketrampilan yang sudah dipelajari untuk menemukan
pengetahuan yang baru. Penerapan metode ini dalam pembelajaran disertai dengan
media benda konkrit, karena dengan disertai benda nyata siswa akan lebih mudah
dalam melakukan penemuan. Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1)
bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPA pokok
bahasan energi panas dan energi bunyi melalui Model Penemuan (discovery) di SD
Negeri Tempurejo 04 Jember Tahun Pelajaran 2011/2012? (2) bagaimanakah
peningkatan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPA pokok bahasan energi
panas dan energi bunyi melalui Model Penemuan (discovery) di SD Negeri
Tempurejo 04 Jember Tahun Pelajaran 2011/2012? Tujuan dari penelitian ini adalah:
(1) untuk meningkatkan aktifitas belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPA pokok
bahasan energi panas dan energi bunyi melalui Model Penemuan (discovery) di SD
Negeri Tempurejo 04 Jember Tahun Pelajaran 2011/2012; (2) untuk meningkatkan
hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPA pokok bahasan energi panas dan
energi bunyi melalui Model Penemuan (discovery) di SD Negeri Tempurejo 04
Jember Tahun Pelajaran 2011/2012.
Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Tempurejo 04 Jember. Penelitian
dilakukan di kelas IV dengan jumlah siswa 30 siswa. Untuk memperoleh data dalam
penelitian ini digunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Hasil
penelitian memperoleh bahwa aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus 1 ke
siklus 2. Pada siklus 1 peningkatan aktivitas siswa sebesar 78,44% dan dalam
kategori aktif dan pada siklus 2 mengalami peningkatan sebesar menjadi 80,83%
sehingga dapat dikategorikan sangat aktif. Hasil penelitian untuk hasil belajar siswa
mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu pada siklus 1 persentase
ketuntasan sebesar 80%. Pada siklus 2 persentase ketuntasan sebesar 90% dan dapat
dikatakan tuntas secara klasikal.
Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah terjadinya
peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA di kelas IV SD
Negeri Tempurejo 04 Jember tahun pelajaran 2011/2012. Saran dari peneliti melalui
metode ini siswa diharapkan dapat lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran, sebagai
bahan masukan untuk guru dalam melaksanakan pembelajaran khususnya dalam
menggunakan metode yang lebih bervariasi sehingga pembelajaran dapat optimal
dan aktivitas siswa dan hasil belajar dapat meningkat. | en_US |